Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Amalan Sunnah di Hari Jumat, Yuk kita Amalkan

Page Visited: 16221
Read Time:4 Minute, 33 Second

Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat muslim. Hari Jum’at dikenal juga sebagai Sayyidul Ayyam, yaitu hari paling mulia. Keistimewaan dan kemuliaan hari Jumat ini banyak diriwayatkan dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Bahkan Rasulullah SAW sendiri yang sudah meminta umat muslim untuk memuliakan hari Jumat.

Di dalam sebuah riwayat, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jum’at.” (HR Muslim)

Karena keistimewaan dan kemuliaannya, banyak amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat ini. Amalannya sudah pasti akan memberikan banyak pahala bagi muslim tak terkecuali bagi muslimah yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Beberapa amalan tersebut di antaranya :

  1. Membaca Shalawat Nabi

Membaca salawat pada hari biasa, sudah akan memberikan banyak kelimpahan pahala dan syafaat Rasul kelak di yaumil kiyamah. Apalagi bila dilakukan pada hari yang paling istimewa yaitu hari Jumat.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

“Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)

Rasulullah SAW juga bersabda, “Perbanyaklah salawat kepadaku pada hari jum’at, maka sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan para Malaikat. Dan sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang diantara kalian bersalawat kepadaku kecuali salawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai“. (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga :  Pancasila Bukan Agama, tapi Mengamalkan Pancasila Berarti Mengamalkan Ajaran Agama

“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah salawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa’i)

  1. Memperbanyak Doa

Rasulullah SAW bersabda, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (H.R. Bukhari dan Muslim)

  1. Memakai Pakaian Yang Terbaik

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Dalam hadis tersebut, Nabi mendorong umatnya tidak hanya kaum laki-laki namun juga perempuan untuk membeli pakaian khusus terbaik supaya bisa dikenakan pada hari yang istimewa yaitu hari Jum’at. Akan tetapi, sangat disarankan untuk pria dan wanita muslim untuk mengenakan pakaian berwarna putih pada hari Jumat. (Baca juga : Ketika Karier Menjadi Pilihan Muslimah, Ini Syaratnya! )

“Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian.” (H.R. Tirmidzi)

  1. Membaca Surat Al-Kahfi

Tidak hanya untuk kaum lelaki, kaum wanita juga mempunyai kesempatan yang serupa untuk membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum’at. Hari Jumat yang dimaksud di sini adalah karena hari Jumat yang menurut perhitungan kalender hijriyah yaitu mulai Kamis petang pada saat matahari terbenam sampai hari Jum’at petang saat matahari terbenam.

Baca Juga :  Mengenal Tahapan Politik Hizbut Tahrir, Waspadalah Indonesia!

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

  1. Memotong Kuku

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara memotong kuku dan ini biasanya dilakukan pada hari Kamis, Jumat atau hari lainnya. Akan tetapi tidak ada dalil yang shahih yang memberikan batasan tentang waktu memotong kuku di hari tertentu. Akan tetapi, para ulama umumnya menganjurkan untuk memotong kuku yang kotor ini ada hari Jumat.

  1. Perbanyak Istighfar dan Zikir

Di hari Jumat juga, Allah akan melipat gandakan pahala untuk siapa pun yang datang dengan membawa amalan – amalan saleh dan Rasulullah sendiri di setiap hari tidak pernah sekali pun lalai dalam membaca istighfar.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari zikir kepada Allah. Sesungguhnya aku beristighfar seratus kali dalam sehari“.

Selain membaca istighfar, ada hal lain yang juga disunnahkan yakni membaca tahlil, tahmid dan juga takbir, sementara untuk jumlahnya tidak ada ketentuan dan juga batasan sehingga kaum muslimah bisa membaca semampu dan sekuatnya.

  1. Meningkatkan Amal Ibadah

Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya seperti contohnya meningkatkan jumlah rakaat salat sunnah, memperbanyak pemberian sedekah, membaca Al-Qur’an, lebih banyak menolong sesama umat muslim yang sedang membutuhkan pertolongan, menggerakkan sesama saudara muslim untuk terus berzikir dan juga beramal saleh lainnya.

Baca Juga :  Jokowi Teken Perpres Baru Cegah Ekstremisme dan Terorisme

Imam Ja’far Shadiq berkata, “Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal saleh dan tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah telah melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat. Hari Jum’at sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan salat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia“.

  1. Membersihkan Diri

Sunnah untuk membersihkan diri ini tidak hanya berlaku untuk kaum laki – laki yang akan menunaikan salat Jum’at saja, akan tetapi juga untuk wanita yang disunnahkan untuk membersihkan diri di hari yang sangat istimewa yaitu hari Jum’at. Selain itu, mandi pada hari jumat sendiri merupakan hal yang wajib bagi semua orang yang sudah baligh.

Selain mandi pada hari Jumat yang memang merupakan hal yang wajib dilakukan untuk setiap umat muslim tidak terkecuali untuk wanita. Selain itu, hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak. (H.R. Bukhari dan Muslim)

  1. Melakukan Shalat Tasbih

Salat tasbih juga sangat besar keutamaanya baik itu pada malam atau pada hari Jumat seperti akan diampuni dari segala dosa dan lain sebagainya dan pekerjaan seperti ini akan sangat baik jika dilakukan pada hari jumat karena merupakan hari ibadah.

Wallahu A’lam

Bagikan ini :