Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Demonstran Afrika Tolak Afrika Jadi Tempat Ujicoba Vaksin Covid-19

Demonstran Afrika Tolak Afrika Jadi Tempat Ujicoba Vaksin Covid-19

Page Visited: 41
Read Time:1 Minute, 8 Second

Demonstran Menolak Afrika jadi tempat percobaan calon vaksin Covid-19. Para demonstran turun ke jalanan di Johannesburg untuk menyuarakan penolakan atas tes manusia pertama untuk calon vaksin Covid-19 di benua Afrika.

Diberitakan bahwa Universitas Witwatersrand bekerjasama dengan Universitas Oxford mengumumkan tes klinis pertama di Afrika Selatan yang akan melibatkan 2.000 relawan.

Baca juga : Mahfud MD Sebut COVID-19 Jadi Fokus Utama Pemerintah

Keterlibatan Afrika Selatan dalam tes vaksin itu bertujuan memastikan benua itu akan memiliki akses pada vaksin yang murah dan tidak tertinggal di belakang antrean.

Sebanyak 50 orang menggelar protes di Universitas Witwatersrand di Johannesburg untuk menyuarakan mereka tidak ingin warga Afrika dijadikan kelinci percobaan. Mereka khawatir warga Afrika dijadikan uji coba vaksin meski tak tahu risikonya.

“Saya tidak senang sama sekali! Saya merasa ini seperti 1980-an lagi saat pandemi AIDS baru muncul di Afrika Selatan,” ungkap Tebogo Legoale, desainer grafis berumur 29 tahun.

Baca juga : Mahfud MD Sebut Koruptor Dana Covid-19 Bisa Dihukum Mati

Baca Juga :  Kenapa Penduduk Dunia Akan Menyusut Drastis pada Tahun 2100 ?

Beberapa spanduk bertulis, “Kami bukan marmut.”

Aktivis Walter Mashilo, 29, menyatakan vaksin itu harus terlebih dulu dites pada anggota parlemen dan anak anggota parlemen, bukan orang miskin.

“Kita jelas teman-teman, kami tidak ingin tes vaksin ini,” tegas para demonstran.

Afrika Selatan memiliki tingkat tertinggi infeksi Covid-19 di benua Afrika, dengan kasus lebih dari 150.000 dan lebih dari 2.600 kematian. (qa/ummatina)

Bagikan ini :