Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Generasi-muda-menjaga-Bhineka-Tunggal-Ika

Generasi Muda Menjaga Bhineka Tunggal Ika.

Generasi Muda Menjaga Bhineka Tunggal Ika

Page Visited: 833
Read Time:1 Minute, 36 Second

Generasi Muda Menjaga Bhineka Tunggal Ika demi Kelestarian Persatuan Bangsa di Masa Depan

Indonesia adalah negara multikultural atau masyarakat majemuk yang pluralistis, ini berarti Indonesia kaya dengan keberagaman, nilai budaya, ras, etnis, bahasa, dan sejarah yang berpadu menjadi satu sebagai kebiasaan di daerah setempat yang tersebar di seluruh wilayah NKRI.

Keberagaman yang dimiliki mendorong terciptanya Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, sejak dulu sampai sekarang menjadi pedoman bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat. Persatuan dan kesatuan harus terus kita pertahankan dari pihak-pihak yang dengan sengaja ingin menciptakan perpecahan, merusak persatuan bangsa Indonesiadi di negeri tercinta NKRI ini.

Baca juga : Jika Wawasan Kebangsaan Masyarakat Meningkat, Benih Radikalisme Akan Mati

Banyak cara yang bisa dilakukan generasi muda dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Di antaranya sikap toleransi yaitu saling menghormati dan menghargai di tengah keberagaman budaya dalam masyarakat. Selain itu juga menghormati perbedaan dengan selalu bersikap ramah dan menghilangkan egoisme masing-masing suku dan golongan. Dan tak kalah penting adalah peran pemerintah diperlukan dalam pengambilan keputusan untuk melestarikan keragaman sosial budaya. Juga harus terus menumbuhkan kesadaran generasi muda saling menghormati untuk menjadi dasar dalam menjaga keanekaragaman tetap utuh di lingkungan pergaulan para pemuda.

Baca Juga :  NKRI dan Pancasila Adalah Kesepakatan Bersama Bangsa Indonesia, Apa Artinya?

Baca juga : Bersihkan Benih Radikalisme dengan Wawasan Kebangsaan

Perbedaan atau kebhinekaan adalah hal yang pasti ada di negeri ini. Bukan harus dihindari tetapi harus dijalani dan saling menghormati satu sama lain. Dalam setiap perbedaan itu, pasti ada hal-hal positif (kelebihan) dan negatifnya (kekurangan) masing-masing. Oleh karena itulah, jika tumbuh kesadaran saling menghormati akan terjadi saling melengkapi, sehingga yang tampak adalah keunikan, kedamaian, kebahagiaan, dan kerukunan.

Bhineka Tunggal Ika, inilah cita-cita ideal dari semua perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dalam bingkai NKRI.

Kebhinekaan adalah hal niscaya. Dan oleh sebab itu, kita wajib mensyukuri dengan cara mengelolanya secara baik, toleran, dan saling menghormati, baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Dan peran penting generasi muda adalah menjaga Bhineka Tunggal Ika demi kelestarianpersatuan bangsa Indonesia di masa depan. (ummatina)

Generasi Muda Menjaga Bhineka Tunggal Ika.
Bagikan ini :