Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Gus Yaqut Baru Jadi Menag Sehari Langsung Diserang Hoax

Page Visited: 2134
Read Time:1 Minute, 36 Second

Yaqut Cholil Qoumas Baru Jadi Menag Sehari Diserang Hoax Sebagai Duta Syahwat

Beredar di halaman medsos, sebuah foto yang menampilkan wajah pria diduga Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut, Menteri Agama pengganti Fachrul Razi, sedang memeluk seorang wanita muda.

Foto tersebut dishare oleh pengelola akun Facebook Mulyono Alit ke grup KERAH BATIK (kendal bergairah debat politik), 30 Oktober 2020.

Dalam foto itu, tampil wajah dari tokoh GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, sosok yang baru saja dipilih presiden menjabat sebagai Menteri Agama.

Postingan tersebut disertai narasi yang ditulis oleh pemilik akun Facebook Mulyono Alit:

“Duta Syahwat Oleh Kader NU.. bisa pesan fatwa Halal soal syahwat ke NU.. bisa COD & Order.. yg ptg pembayaran harus cash Mggunakan amplop coklat.”

Lantas pertanyaannya, benarkah klaim atas foto Yaqut Cholil Qoumas yang diklaim menjadi duta syahwat tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, foto dalam unggahan Facebook itu hanyalah hasil editan belaka.

Baca Juga :  Pembikin Hoax Akan Dapat Dosa Sampai Hari Kiamat, Awas!

Pasalnya, foto identik pria berbaju putih yang sedang memeluk seorang wanita pernah diunggah oleh sebuah blog pada 2011 silam.

Dalam foto aslinya, pria tersebut tidak mengenakan kacamata dan kumisnya tebal.

Penampakan pria itu pun berbeda dengan sosok Yaqut Cholil Qoumas sebagaimana diunggah pula oleh akun Facebook tersebut.

Dalam blog foto pria berbaju putih berasal, terdapat artikel berjudul “Alasan Wanita Muda Kencani Pria Matang”.

Hanya saja, dalam artikel itu tidak ada narasi yang menyebut kader NU menjadi duta syahwat sebagaimana diklaim.

Sementara itu, foto Yaqut Cholil Qoumas yang disandingkan dalam kolase berasal dari artikel Detik.com berjudul “Apresiasi Polri Tangkap Gus Nur, GP ANsor: Efek Jera Buat Mulut Penghasut”, diterbitkan pada 24 Oktober 2020.

Kesimpulan

Dari penjelasan berdasarkan penelusuran jaringan Suara.com di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut Yaqut Cholil Qoumas adalah Duta Syahwat NU adalah hoax. Unggahan itu masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. Karena itu, hati-hati dalam menerima kabar negatif terhadap tokoh yang dikenal baik di tengah masyarakat, bisa jadi kabar tersebut adalah kabar hoax.

Bagikan ini :