Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Gus Yaqut Jadi Menag, Ferdinand Hutahaean Sebut Jokowi Serius Lawan Radikalisme

Page Visited: 2063
Read Time:3 Minute, 3 Second

Gus Yaqut Jadi Menteri Agama, Ferdinand Hutahaean: Ini Keseriusan Jokowi Lawan Radikalisme

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan sejumlah enam nama baru sebagai jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju selanjutnya. Enam nama baru tersebut diumumkan setelah adanya kekosongan dua kursi Menteri, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Sosial.

Dalam daftar enam nama baru tersebut, nama Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut disebutkan Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama (Menag) menggantikan Fachrul Razi.

Gus Yaqut hadir di Istana Merdeka, Jakarta, pada saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan enam sosok menteri baru dalam pemerintahannya.

“Bapak Yaqut Cholil Qoumas, beliau adalah pemimpin muslim, Ketua GP Ansor dan kita akan berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Said Didu Kesal Gus Yaqut Jadi Menag, Langsung Provokasi Umat Islam

Menanggapi hal tersebut, sejumlah politisi turut menyoroti terpilihnya Gus Yaqut menduduki kursi Menteri Agama, termasuk Ferdinand Hutahaean.

Baca Juga :  Rahma Sarita Lecehkan Pancasila, Viral di Jagad Facebook

Direktur Eksekutif EWI itu menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Jokowi atas terpilihnya Gus Yaqut sebagai Menag.

“Selamat kepada para menteri baru. Secara khusus saya mengapresiasi pengangkatan ketua Banser jadi Menag,” kata Ferdinand Hutahaean.

Mantan politisi fraksi Partai Demokrat tersebut menilai, terpilihnya Gus Yaqut adalah bukti keseriusan Jokowi melawan radikalisme di Indonesia.

“Ini menunjukkan keseriusan Jokowi melawan radikalisme,” ucap Ferdinand Hutahaean dalam akun Twitter-nya, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com pada Selasa, 22 Desember 2020.

Selamat kepada para menteri baru. Secara khusus saya mengapresiasi pengangkatan ketua Banser jadi Menag..!! Ini menunjukkan keseriusan @jokowi melawan radikalisme..!!

https://t.co/YiktNVUOWV— Ferdinand Hutahaean (@FerdinandHaean3) December 22, 2020

Sebagai informasi, Gus Yaqut selama ini dikenal sebagai pemimpin muda muslim lahir di Rembang, 4 Januari 1975, merupakan putra dari K.H. Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia adalah saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Gus Yaqut selama ini juga banyak dikenal sebagai tokoh muda Rembang.

Sebagai informasi, Gus Yaqut selama ini dikenal sebagai pemimpin muda muslim lahir di Rembang, 4 Januari 1975, merupakan putra dari K.H. Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: Indonesia dan Islam, Satu Paket yang Tidak Bisa Dipisahkan

Ia adalah saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Gus Yaqut selama ini juga banyak dikenal sebagai tokoh muda Rembang.

Ia lulus dari SDN Kutoharjo (1981—1987), Gus Yaqut lantas melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987—1990), lalu meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990—1993) dan menempuh pendidikan sarjana di Universitas Indonesia Jurusan Sosiologi.

Selain Gus Yaqut, Jokowi juga mengumumkan 5 nama baru lainnya yang mengisi jabatan Menteri dalam Kabinet Indonesia Maju.

Daftar Lengkap 6 Menteri Baru Jokowi di Kabinet Indonesia Maju

Ini adalah reshuffle kabinet pertama Jokowi untuk Kabinet Indonesia Maju. Dalam reshuffle kabinet kali ini, Jokowi memilih nama-nama baru untuk menjadi pembantunya. Selain itu, Jokowi melakukan pergeseran nama lama untuk menjabat posisi baru.

Beberapa menteri baru Jokowi adalah Tri Rismaharini atau Risma sebagai Mensos hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Risma menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos Corona, sedangkan Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang kena kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.

Salah satu nama yang mengejutkan publik adalah Sandiaga Uno. Sandiaga Uno menjadi menteri baru Jokowi untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Selain itu, kejutan lain ialah Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.

Total ada 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju. Berikut ini nama-nama menteri baru Jokowi yang dikenalkan sore ini:

Menteri Sosial: Tri Rismaharini
Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
Menteri Perdagangan: M. Lutfhi
Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin
(*)

Bagikan ini :