Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Habib Rizieq Sebut Najis Pulang ke Indonesia, Ternyata Berita Hoax

Habib Rizieq Sebut Najis Pulang ke Indonesia, Ternyata Berita Hoax

Page Visited: 771
Read Time:1 Minute, 31 Second

Habib Rizieq Sebut Najis Pulang ke Indonesia Kecuali Dijemput Jokowi dan Megawati, Berita Ini Ternyata Berita Hoax

Beredar berita dari platform media sosial Facebook berupa video berisi gambar screenshot sebuah artikel berita bertajuk ‘Rizieq Shihab Bersumpah Najis Pulang Ke Indonesia, Kecuali Dijemput Jokowi dan Megawati’.

Disebutkan bahwa Habib Rizieq Shihab bersumpah najis pulang ke Indonesia kecuali dijemput oleh Jokowi (Presiden Joko Widodo) dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan hasil penelusuran sebagaimana dilansir Pikiranrakyat-bandungraya.com dari laman Turnbackhoax.id dengan tajuk “[SALAH] Rizieq Shihab Bersumpah Najis Pulang Ke Indonesia, Kecuali Dijemput Jokowi & Megawati”, klaim bahwa Habib Rizieq Shihab bersumpah najis pulang ke Indonesia kecuali dijemput oleh Jokowi dan Megawati adalah Berita hoax.

Kabar tersebut dibagikan pertama kali oleh pemilik akun Facebook Bahsurip Surip dengan narasi sebagai berikut.

“bilang najis,,,,,,saya satu RT mengucapkan bodo amat”.

Bersama dengan narasi tersebut, pemilik akun Facebook Bahsurip Surip mengunggah video yang berisi gambar seolah tangkapan layar artikel bertajuk ‘Rizieq Shihab Bersumpah Najis Pulang Ke Indonesia Kecuali Dijemput Jokowi dan Megawati’.

Baca Juga :  13 Hoax Tengku Zulkarnaen Paling Populer di Medsos
Hoax Habib Rizieq Sebut Najis Pulang ke Indonesia Kecuali Dijemput Jokowi dan Megawati.

Namun setelah ditelusuri informasi yang diunggah oleh akun Bahsurip Surip adalah hoax.

Terdapat beberapa keterangan dan fakta sebenarnya untuk meluruskan informasi hoax tersebut.

Faktanya, tidak ditemukan artikel dengan judul seperti klaim di atas. Justru, baru-baru ini Habib Rizieq Shihab secara tersirat kembali menginginkan pulang ke Indonesia.

Namun pihak Habib Rizieq Shihab mengklaim dirinya tidak bisa pulang karena dicekal Pemerintah Arab Saudi atas permintaan Pemerintah Indonesia. Dalam hal ini pemerintah Indonesia sudah membantahnya yang diwakili Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi.

Sementara itu, foto yang digunakan tersebut diklaim pernah dimuat di situs media pemberitaan Makassar pada 4 Desember 2019 dengan artikel berjudul ‘Datangi Kantor-kantor Kementerian, PA 212 Mohon Bantuan Kepulangan Habib Rizieq’.

Berdasarkan penjelasan tersebut, unggahan akun Facebook Bahsurip Surip mengandung informasi yang salah dan palsu alias tidak benar. (qa)

Bagikan ini :

Mungkin Luput dari Anda