Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Hoax !!! Garam Dapur Bisa Bunuh Virus Corona dan Atasi Batuk

Hoax !!! Garam Dapur Bisa Bunuh Virus Corona dan Atasi Batuk

Page Visited: 431
Read Time:2 Minute, 21 Second

Garam Dapur Bisa Bunuh Virus Corona dan Atasi Batuk, hoax atau fakta? Telah tersebar informasi di media sosial Facebook yang menyebut bahwa garam dapur bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak dan bahkan bisa mematikan virus corona penyebab Covid-19.

Informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Rizan Dwi Herlianto pada Jumat (22/5/2020). Hingga Selasa (26/5/2020), unggahan tersebut telah dishare lebih dari 5.000 kali dan memperoleh komentar lebih dari 700 kali.

Bca juga : 13 Hoax Tengku Zulkarnaen Paling Populer di Medsos

Akan tetapi, pada Kamis (28/5/2020), informasi tersebut sudah tidak bisa ditemukan. Bisa jadi sudah dihapus oleh pengunggahnya. Berikut tangkapan layar unggahan informasi tersebut :

Hoax !!! Garam Dapur Bisa Bunuh Virus Corona dan Atasi Batuk

Menurut informasi yang disebarkan itu, dianjurkan penggunaan garam dapur sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak. Informasi itu dikatakan berasal dari teman pengunggah yang baru saja terinfeksi virus corona.

Garam dapur bisa membunuh virus corona dan menyembuhkan batuk berdahak adalah hoax

Pada kolom komentar, banyak warganet yang membenarkan informasi tersebut. Berikut salah satu komentar pada unggahan tersebut: Memang bnar ttg kasiat garam untuk pencahar dahak,caranya larutkan garam 1/2 SDM dalam 1/2 gelas air hangat pada sore hari ,kemudian letak kan garam di luar rumah selama 1mlm pagi2 sebelum makan /makan minumlah air garam tsb maka dahak yang mengental akan menjadi encer dan bisa keluar bersama ludah selamat mencoba.

Baca Juga :  Fakta Or Hoax Berita ‘Prabowo Ingatkan Gatot-KAMI agar Tak Buat Kisruh’?

Benarkah informasi tersebut? Konfirmasi Kompas.com Mengonfirmasi informasi di atas, Kompas.com menghubungi Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Selasa (26/5/2020).

Baca juga: Peristiwa Longsor di Tol Ungaran Tampak Mengerikan Ternyata Foto HOAX

Ari menegaskan, informasi bahwa garam dapur bisa membunuh virus corona dan menyembuhkan batuk berdahak adalah hoax. Ia mengatakan, garam dapur tidak bisa menyembuhkan batuk berdahak apalagi membunuh virus corona.

“Sampai sejauh ini untuk virus di dalam tubuh tidak ada. Kalau di luar tubuh manusia, sejauh ini garam juga tidak disebut,” kata Ari.

Mereka yang mengalami batuk disarankan memeriksakan dirinya ke dokter dan tidak mengambil kesimpulan sendiri.

“Ke dokter musti dipastikan batuk disebabkan oleh apa,” kata Ari.

Aplikasi Online : “Apa Kata Dokter”

Ia mengatakan, dalam situasi pandemi virus corona, masyarakat bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan secara online yang bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi. Salah satu aplikasi yang digagas UI adalah “Apa Kata Dokter”.

Baca juga : IRONISME PENYEBAR HOAX OLEH KAUM TERDIDIK DAN RAJIN IBADAH, PASUKAN CYBER MUSLIM ?

Baca Juga :  Kabar KSAD Perintah Siaga Hadapi Demo 20 Oktober, TNI AD Sebut Itu Hoax

Ari menyebutkan, masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini jika ingin mendapatkan informasi kesehatan terpercaya. Aplikasi yang bisa diunduh di ponsel ini, telah diluncurkan sejak 2018 dan berisi informasi-informasi kesehatan.

“Saya berharap bahwa informasi-informasi ini bisa diterima oleh masyarakat. Karena saya berusaha untuk memberikan informasi yang benar,” kata Ari.

Ari mengakui, saat ini sebagian besar informasi kesehatan yang beredar tidak benar atau hoaks. Akan tetapi, banyak yang mempercayainya dan menyebarkannya.

Bagikan ini :