Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Humor Gus Dur : Agama Gus Dur Paling Jauh dari Tuhan

Humor Gus Dur : Agama Gus Dur Paling Jauh dari Tuhan

Page Visited: 242
Read Time:1 Minute, 53 Second

Humor Gus Dur terkadang bisa bikin salah paham bagi beberapa orang yang menelan mentah-mentah. Padahal Gus Dur dalam guyonan tersebut punya maksud merendah dan tidak ingin meninggikan diri di hadapan teman bicaranya. Misalnya Gus Dur pernah menyebut bahwa agamanya adalah yang paling jauh dari Tuhan dibanding agama temannya yang Kristen dan Budha.

Gus Dur tentu tahu bahwa Islam adalah agama yang paling tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi, dan pastinya beliau meyakini hal ini karena merupakan hadits Nabi Saw, yaitu: “Al-Islamu ya’lu walaa yu’la alaih”.

Yuk kita simak ceritanya berikut ini, dan bersiaplah untuk tertawa, he he he……

Baca juga : Baca juga : Gus Dur : Perbedaan NU dan Muhammadiyah

Gus Dur, Biksu dan Pendeta

Tokoh agama Islam, Kristen, dan Budha sedang berdebat. Gus Dur tentu sebagai wakil dari agama Islam. Kala itu diperdebatkan mengenai agama mana yang paling dekat dengan Tuhan ?

Seorang biksu Budha menjawab duluan. “Agama sayalah yang paling dekat dengan Tuhan, karena setiap kita beribadah ketika memanggil Tuhan kita mengucapkan ‘Om’. Nah kalian tahu sendiri kan seberapa dekat antara paman dengan keponakannya?”

Baca Juga :  Gus Mus Mengenang Gus Iim Adik Gus Dur: Dulu Perlente Sekarang Mirip Sufi

Seorang pendeta dari agama Kristen menyangkal.“Ya tidak bisa, pasti agama saya yang lebih dekat dengan Tuhan.” ujar pendeta

“Lah kok bisa ?” sahut biksu penasaran.

“Kenapa tidak,agama anda kalau memanggil Tuhan hanya om, kalau di agama saya memanggil tuhan itu ‘Bapa’ Nah kalian tahu sendiri kan lebih dekat mana anak sama bapaknya daripada keponakan dengan pamannya,” jawab pendeta.

Baca juga : Gus Muwafiq Dulu Pernah Jadi Santri di Pondok Pesantren Mana?

Gus Dur yang belum mengeluarkan argumen masih tetap tertawa malah terbahak-bahak setelah mendengar argumen dari pendeta.

“Loh kenapa anda kok tertawa terus?” tanya pendeta penasaran.

“Apa anda merasa bahwa agama anda lebih dekat dengan tuhan?” sahut biksu bertanya pada Gus Dur.

Gus Dur masih saja tertawa sambil mengatakan “Ndak kok, saya ndak bilang gitu, boro-boro dekat justru agama saya malah paling jauh sendiri dengan Tuhan.” jawab Gus Dur dengan masih tertawa.

“Lah kok bisa ?” tanya pendeta dan biksu makin penasaran.

Baca Juga :  Humor Gus Dur Soal Panitia Pembangunan Jembatan Surga-Neraka

“ Lah gemana tidak, lah wong kalau di agama saya itu kalau memanggil Tuhan saja harus memakai Toa (pengeras suara),” jawab Gus Dur.

Ha ha ha….

Dalam situasi terakhir ini menjadikan kita rindu Gus Dur….. Guyonan Gus Dur tidak membuat sakit hati…. antar umat beragama rukun dan damai.

Bagikan ini :