Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Inilah 3 Akhlak Mulia yang Bisa Mengantarkan Kamu ke Surga

Inilah 3 Ahlak Mulia yang Bisa Mengantarkan Kamu ke Surga

Page Visited: 3240
Read Time:1 Minute, 48 Second

Dalam kitab populernya “Ta’lim Al Muta’allim”, Syaikh Ahmad Az-Zarnuji berkata bahwa ilmu yang paling utama adalah ilmu hal (tingkah laku) dan amal yang paling utama adalah menjaga tingkah laku dengan budi pekert yang baik. (ahlak mulia).

Islam sangat mementingkan akhlak karena baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidaklah diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlak mulia dan menjadi uswatun hasanah (teladan yang baik). Ahlak mulia juga merupakan cerminan keimanan seseorang. Bisa jadi seseorang ilmunya ‘terlihat tinggi’ tetapi akhlaknya buruk, maka akhlaknya itulah cerminan imannya.

Berikut adalah 3 ahlak mulia sebagaimana kalam ulama Hasan Al-Bashri, yaitu:

كف الأذى ؛ وبذل الندى ؛ وطلاقة الوجه

  1. Tidak Mengganggu.
    Jika memang tidak bisa membantu dan memberi manfaat, minimal jangan mengganggu atau membuat orang lain susah.
  2. Suka Menolong/Membantu.
    Membantu saudara kita dengan tenaga, harta atau pikiran, karena kita yakin jika membantu saudara di dunia maka ada-ada saja cara Allah akan membantu kita dunia-akhirat dengan cara yang tidak kita sangka.
  3. Berwajah Ceria/Ramah.
    Menampakkan wajah ceria/ramah di sekitar kita dapat membuat orang lain bahagia. Terlebih setelah kita berbicara dapat menyenangkan mereka.
Baca Juga :  Kekerasan Atas Nama Islam Adalah Pelecehan Terhadap Ajaran Islam

Syaikh Ahmad Az-Zarnuji dalam kitab populernya “Ta’lim Al Muta’allim” berkata bahwa ilmu yang paling utama adalah ilmu hal (tingkah laku) dan amal yang paling utama adalah menjaga tingkah laku. Tingkah laku yang baik akan bisa mengantarkan kita ke surga.

أَكْثَرُ مَا يُدْخِلُ اَلْجَنَّةَ تَقْوى اَللَّهِ وَحُسْنُ اَلْخُلُقِ

“Yang paling banyak memasukkan ke surga adalah takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia.”

Betapa beruntungnya mereka yang dikaruniai akhlak yang baik. Dalam Sirah Nabawi diceritakan, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم pernah dilempari batu dan dihina saat datang (untuk berdakwah) di Thaif. Nabi bisa saja membalas mereka, namun hal itu tidak dilakukan beliau. Nabi justru memilih berdoa untuk kebaikan mereka. Berkat doa Nabi, warga Thaif diampuni Allah dan mendapat cahaya Islam. Hingga saat ini.

Begitulah Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengajarkan akhlak yang baik. Sebenarnya masih banyak kisah bagaimana Nabi mengajarkan akhlak mulia kepada manusia.

Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang dikaruniai kelembutan dan akhlak yang mulia. Wallahu A’lam… (*)

Bagikan ini :