Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Sadarlah Simpatisan Khilafah, Indonesia dan Pancasila Sudah Islami

Inilah Bukti Pancasila Sudah Sangat Islami, Sadarlah Simpatisan Khilafah!

Page Visited: 1316
Read Time:2 Minute, 52 Second

Sadarlah Simpatisan Khilafah, Indonesia dan Pancasila Sudah Sangat Islami, Terbukti Pancasila Sesuai dengan Ajaran Al-Qur’an

Para simpatisan khilafah selalu mencaci Pancasila sebagai thogut. Bahkan banyak juga yang menyebarkan fitnah di medsos bahwa Pancasila bertentangan dengan ajaran Islam. Aksi mereka itu bisa jadi muncul akibat ketidak-tahuan mereka atau semata-mata karena korban doktrin HTI terkait dasar negara Pancasila.

Berikut ini adalah bukti bahwa Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran Islam, tetapi justru Pancasila seiring sejalan dengan Al-Qur’an. Sangat sembrono dan ngawur jika masih ada orang yang mempertentangkan Pancasila dengan ajaran Islam setelah mengetahui fakta ini.

Baca juga : Menjaga NKRI dari Oknum-oknum yang Ingin Merubah Pancasila

Pancasila sebagaimana telah kita ketahui terdiri dari lima silaa atau 5 dasar. Berikut ini penjelasan ke-lima dasar Pancasila ternyata sesuai dengan kitab suci Ummat Islam, yaitu Al-Qur’an.

  • Sila Pertama : Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila ini ada dalam Al Quran surat Al Ikhlas ayat 1. Terjemahannya yaitu “Katakanlah, dialah Alloh, Yang Maha Esa. Dalam Islam, ibadah dan hukum yang dibawa tiap-tiap nabi yang diutus berbeda sesuai dengan kondisi pada saat itu. Namun ada yang tidak berubah yaitu semua nabi mengajarkan Tauhid yaitu mengesakan Tuhan.
  • Sila Kedua : Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Sila ini ada dalam Al Quran surat An Nisa 135. Terjemahannya yaitu : “Wahai orang-orang yang beriman. Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka ketahuilah Allah Mahateliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.
  • Sila Ketiga : Persatuan Indonesia. Sila ini juga ada dalam Al Quran surat Al Hujurat ayat 13. Terjemahannya yaitu : “Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” Ayat ini sangat cocok mengingat Indonesia terdiri dari beragam suku.
  • Sila Keempat : Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Sila ini juga ada dalam Al Quran surat As Syuro 38. Terjemahannya yaitu : “Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Rabb-nya, dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rejeki, yang Kami berikan kepada mereka.”
  • Sila Kelima : Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sila ini juga ada dalam Al Quran surat An Nahl ayat 90. Terjemahannya yaitu : “Sesungguhnya Allah menyuruh (manusia) berlaku adil dan berbuat kebaikan, memberi (sedekah) kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu (manusia), agar kamu dapat mengambil pelajaran.”
Baca Juga :  Pancasila Sebagai Energi Kehidupan Harmonis Umat Beragama

Dengan fakta ini, maka dengan demikian Pancasila sama sekali tidak bertentangan dengan syariat Islam dan mengamalkan Pancasila sama dengan mengamalkan sebagian dari syariat Islam.

baca juga : Mengenal Ideologi dan Aliran Pemahaman Pemicu Anti Pancasila dan Anti NKRI

Bahkan sila-sila dalam Pancasila tersebut bersifat universal dan bisa diamalkan oleh penganut agama dan kepercayaan lain. Pengamalan Pancasila secara murni dan konsekwen bisa menjadi solusi permasalahan bangsa Indonesia.

Jadi kesimpulannya, Indonesia dan Pancasila sudah sangat Islami, artinya tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Jika ada yang bilang Indonesia belum Islami, mungkin memang iman orang tersebut yang kurang terhadap kitab suci Al-Qur’an sebagaimana dijelaskan di atas. Wallohu a’lam…..

Sadarlah Simpatisan Khilafah, Indonesia dan Pancasila Sudah Islami
Bagikan ini :