Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Kapal Perang AS yang meledak di San Diego harganya Rp10, 9 Triliun, dilaporkan sebanyak 57 orang terluka

Kapal Perang AS Seharga Rp10, 9 Triliun Meledak, 57 Orang Terluka

Page Visited: 7305
Read Time:2 Minute, 2 Second

Kapal Perang AS yang meledak di San Diego harganya Rp10, 9 Triliun, dilaporkan sebanyak 57 orang terluka ….

SAN DIEGO – Kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Bonhome Richard, terbakar dan meledak di Pangkalan Angkatan Laut San Diego hari Minggu. Korban luka kini bertambah dari 21 menjadi 57 orang.

Ada sekitar 160 orang di atas kapal pada saat insiden terjadi. Menurut data Angkatan Laut AS, 34 pelaut dan 23 pekerja sipil terluka.

Lima orang masih dirawat di rumah sakit dan dalam kondisi stabil pada Senin pagi. Menurut Angkatan Laut, para korban mengalami cedera kecil termasuk kelelahan dan menghirup asap.

Menurut Federasi Ilmuwan Amerika, total biaya pembangunan kapal perang ini diperkirakan USD761 juta (lebih dari Rp10,9 triliun). Kapal sepanjang 255 meter ini merapat di San Diego untuk menjalani pemeliharaan, modernisasi dan perbaikan senilai hampir USD250 juta.

Baca juga : Sumpah Setia Jinpinng-Putin, Rusia Bakal Hajar Amerika Jika Nekat Serang China

Baca Juga :  Rusia Ingatkan Rencana Teroris Lancarkan Serangan Kimia di Idlib Suriah

Karena pekerjaan renovasi, hanya sebagian kecil dari total awak kapal sekitar 1.000 yang ada di kapal ketika kebakaran terjadi.

Penyebab ledakan dan kebakaran kapal perang AS

Petugas pemadam kebakaran bekerja di atas kapal sejak Minggu malam dan juga menggunakan helikopter untuk mencoba memadamkan kobaran api.

Apa juga : Wabah Covid-19 Makin Parah di AS, Sehari 39.000 Orang Terinfeksi

Penyebab ledakan dan kebakaran masih dalam penyelidikan. Pejabat Angkatan Laut AS, Laksamana Muda Philip Sobeck, mengatakan kepada The San Diego Union-Tribune bahwa Angkatan Laut percaya bahwa kebakaran dimulai di ruang kargo yang lebih rendah yang digunakan untuk menyimpan peralatan dan kendaraan laut.

“USS Bonhomme Richard bisa terbakar selama berhari-hari, turun ke saluran air,” kata Kepala Pemadam Kebakaran San Diego, Colin Stowell, kepada CNN, Selasa (14/7/2020).

Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Michael Gilday menyebut kebakaran pada kapal perang tersebut “tragedi yang mengerikan.”

“Pikiran dan doa kami bersama para Pelaut BHR kami, keluarga mereka, dan para responden darurat kami yang terus memerangi api,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Hasil positif,” katanya lagi.

Baca Juga :  Akhirnya Inggris Kirim Bukti Kejahatan Algojo ISIS 'The Beatles' ke AS

Baca juga : Sang ‘Captain America’ Salah Satu dari 20 Veteran Perang yang Bunuh Diri

Kantor Layanan Cuaca Nasional (NWS) San Diego melaporkan bau asap yang sangat kuat terasa di kantornya di Rancho Bernardo. “Angin selatan dari pusaran pantai kemungkinan menyebarkan asap dari USS Bonhomme Richard utara di sepanjang koridor I-16,” kata NWS di Twitter.

USS Bonhomme Richard yang berusia 23 tahun dirancang untuk mengerahkan mengerahkan dan mendaratkan helikopter, perahu kecil dan kendaraan amfibi.Belum diketahui separah apa kerusakan yang diderita kapal perang ini. (qa/ummatina)

Bagikan ini :