Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Kapal-Selam-Buatan-Indonesia-Bikin-Geger-Negara-negara-ASEAN

Kapal Selam Buatan Indonesia Bikin Geger Negara-negara ASEAN

Page Visited: 1045
Read Time:2 Minute, 30 Second

Bukan Kaleng-kaleng, Kapal Selam Buatan Indonesia Bikin Geger Negara-negara ASEAN

Jakarta – Di kawasan ASEAN, terkait industri perakitan dan perawatan kapal selam, Indonesia bisa dibilang terdepan. Belum ada negara di ASEAN yang sanggup membuat kapal selam, hal ini menjadikan kapal selam buatan Indonesia menjadi bahan perbincangan hangat.

Tonggak penting pengembangan kapal selam di Indonesia dimulai Periode pertama 2019-2020, saat tahap demi tahap Kapal Selam Alugoro yang dibuat PT PAL Indonesia yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), sukses menapaki keberhasilan beberapa uji coba pembuatan kapal selam.

Keberhasilan pembuatan Kapal Selam Alugoro menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang punya kemampuan membuat kapal selam.

Yang lebih menggembirakan lagi, dukungan pemerintah terhadap pengembangan kapal selam sangat serius, termasuk soal pendanaan. Pada buku Nota Keuangan Beserta RAPBN 2021, ada kabar baik. Pemerintah menyiapkan anggaran melalui skema Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT PAL Indonesia, untuk pengembangan kapal selam. Nilainya mencapai Rp 1,3 triliun.

Baca Juga :  Aku Tidak Takut Apapun Selain Hukum Allah

Baca juga: Prajurit TNI Berdarah Tionghoa Ini Punya Semburan Jarum Berbisa

“Dalam mendukung teknologi pembangunan kapal selam serta meminimalisasi ketergantungan terhadap industri alutsista dari luar negeri, Pemerintah dalam RAPBN tahun 2021 memberikan dukungan melalui pemberian PMN kepada PT PAL Indonesia (Persero),” tulis nota keuangan tersebut yang dikutip CNBC Indonesia, Selasa (18/8).

Indonesia memang berencana menambah lagi tiga kapal selam melalui proses perakitan oleh PT PAL Indonesia kerja sama dengan Korea Selatan di Surabaya, Jawa Timur. Kontrak pengadaan kapal selam yang ke 4, 5, dan 6 sudah pernah diteken pada 12 April 2019.

Kapal Selam Buatan Indonesia Bikin Geger se-ASEAN

Kapal Selam Alugoro, Kapal Selam pertama karya Anak Bangsa

Pada 30 Juli 2020, Kapal Selam (Kasel) Alugoro sukses menyelesaikan pengerjaan drydocking di Graving Dock Irian PT PAL Indonesia (Persero). Selanjutnya setelah proses suplai logistik di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero), Kasel Alugoro sempat bertolak menyusuri Selat Madura, Laut Jawa, dan sempat menuju perairan Banyuwangi untuk menjalani fase lanjutan Sea Acceptance Test (SAT).

Baca Juga :  PKC PMII Jawa Timur Ancam Laporkan Gatot Nurmantyo ke Polisi atas Pencemaran Nama Baik PMII

Plt. Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro menjelaskan Kapal Selam Alugoro sempat menjalani drydocking selama 7 hari untuk pembersihan badan bawah garis air.

Baca juga : Prajurit TNI Cegat Tank Israel Jadi Perbincangan Dunia

Dengan kondisi yang bersih diharapkan dicapai hasil yang optimal untuk pelaksanaan fase lanjutan SAT yang salah satunya adalah pelaksanaan Indiscretion Rate (IR). Kecepatan drydocking Kasel Alugoro tercapai berkat efisiensi pada pemakaian ulang fasilitas dock block yang sebelumnya dipergunakan docking Kasel Nagapasa Class.

Kapal Selam Alugoro merupakan Kapal Selam pertama karya Anak Bangsa, merupakan kapal ketiga dari kontrak pengadaan Kapal Selam Batch 1 yang di bangun secara joint section di PT PAL Indonesia (Persero) dan mendapatkan predikat zero defect pengelasan alias tanpa cacat.

Tidak main-main, predikat zero defect diakui langsung oleh timdari DSME Korea Selatan. Predikat tersebut berdasarkan pada laporan pengetesan radiografi atau yang biasa dikenal dengan X-Ray yang meliputi pengetesan untuk mencari cacat las sebagai berikut: crack, under cut, root concavity, excessive penetration, dan burn through. Terlebih kesuksesan zero defect didapatkan pada proses pengelasan material yang sangat khusus yakni HY-80. (qa/ummatina)

Bagikan ini :