Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Kesultanan di Nusantara Bukan Jejak Khilafah Seperti yang Dipropagandakan HTI

Kesultanan di Nusantara Bukan Jejak Khilafah Seperti yang Dipropagandakan HTI

Page Visited: 1065
Read Time:1 Minute, 21 Second

Kesultanan di Nusantara Bukan Jejak Khilafah Seperti yang Sedang Dipropagandakan HTI dalam Film Jejak Khilafah di Nusantara ….

Prof Oman Fathurahman Menegaskan Bahwa Kesultanan di Nusantara Bukan Bagian dari Khilafah Turki Utsmani

Akademisi yang akrab disapa Kang Oman itu menjelaskan, kesultanan yang ada di wilayah Nusantara merupakan kelanjutan dari kerajaan-kerajaan yang sudah ada di masa pra Islam.

“Kesultanan Islam berdasarkan referensi dalam manuskrip Islam dan pra Islam itu bahkan kelanjutan dari kerajaan masa pra Islam,” katanya.

Baca juga : Penjelasan TGB Soal Bendera Nabi, HTI Bohong kepada Umat Islam Indonesia

Namun, jika dikatakan ada kontak diplomatik antara kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara dengan khilafah Turki Utsmani itu, menurut Prof Oman Fathurahman, bisa dibenarkan. Tapi itu tidak membuktikan bahwa kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara bagian dari khilafah Turk Ustmani.

Bahkan, Prof Oman punya bukti yang cukup banyak untuk kesultanan Islam di wilayah Melayu. Namun, klaim Nusantara bagian dari wilayah kekholafahan Turki Utsmani itu menurutnya tidak benar.

Baca Juga :  Eks HTI Terus Tebarkan Pesona Khilafah, Awas Tertipu!

“Jadi, sultan itu harus membaiat, sumpah setia, kepada sultan yang dianggap sebagai khalifah itu. Itu tidak terjadi dalam konteks Nusantara,” kata Prof Oman yang juga menjadi Staf Ahli Menteri Agama tersebut.

Perihal bukti ada hubungan antara kerajaan Islam Nusantara dan Khilafah Turki Utsmani, Kang Oman mengaku tidak meragukannya. Tetapi, soal bukti sistem negaranya yang diterapkan kerajaan-kerajaan Islam Nusantara, Kang Oman menegaskan tidak ada.

Baca juga : Pengalaman Masuk Markas HTI, Bongkar Kebohongan HTI yang Ngaku Tak Punya Bendera

Penegasan Prof Oman Fathurahman, Guru Besar Filologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut bahwa wilayah Nusantara bukanlah bagian dari Turki Utsmani, ia sampaikan saat berbincang langsung dengan Pemimpin Redaksi Historia.id di kanal YouTube-nya, Selasa (25/8/2020).

Kesultanan di Nusantara Bukan Jejak Khilafah Seperti yang Dipropagandakan HTI

Bagikan ini :