Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Khalifah dan Khilafah itu Tidak Sama, Hanya Mirip Saja Dalam Ucapan

Khalifah dan Khilafah itu Tidak Sama, Hanya Mirip Saja Dalam Ucapan

Page Visited: 2915
Read Time:2 Minute, 7 Second

Khalifah dan Khilafah itu Tidak Sama, Hanya Mirip Saja dalam Ucapan

Para pengusung khilafah selalu menuding melawan Islam kepada orang-orang yang menolak propaganda khilafah. Mereka mengklaim bahwa khilafah merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk memperjuangkan khilafah hingga tegak di muka bumi. Benarkah klaim para pengusung khilafah tersebut?

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD termasuk tokoh yang menolak berdirinya negara Islam dengan sistem khilafah yang coba dipaksakan oleh kelompok Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Ia pun menjelaskan perbedaan antara khilafah dan khalifah.

Menurut Mahfud, khalifah dalam Alquran tidak bisa dijadikan dasar mendirikan negara Islam. Karena khalifah itu punya makna yang berbeda dengan khilafah. Khilafah adalah sistem pemerintahan sedang khalifah itu manusia.

“Di Qur’ an tak ada 1 pun kata khilafah. Memang kalau istilah khalifah ada, tp bkn dlm arti pemerintah melainkan dlm arti manusia alias Adam,” ujar Mahfud dalam akun Twitternya @mohmahfudmd Rabu, (28/6/2017).

Berdasarkan yang ia ketahui, tidak ada satu ajaran atau perintah dari Al-Quran maupun Hadits untuk mendirikan negara Islam atau yang sering disebut khilafah. Sebab itu kata Mahfud, bila ada yang menjelaskan sistem khilafah itu ada, maka semakin jelas bahwa sistem khilafah itu benar-benar tidak ada.

Baca Juga :  Kenapa Paham Khilafah Hizbut Tahrir Ditolak di Banyak Negara Muslim?

“Qur’an dan Hadits tdk mengajarkan khilafah sbg sistem. Ajaran Qur’an & Hadits hny menyebut adanya negara adl sunnah sdng sistemnya bs beda2,” tuturnya.

Mahfud MD menjelaskan bahwa dalam sejarah zaman dulu pernah ada khilafah dengan sistem yang berbeda-beda. Hal ini kata dia menunjukkan bahwa setiap zaman dan tempat bisa membuat sistem negara sendiri yang berbeda-beda. Dan Indonesia sudah membuat sistemnya sendiri dengan dasar falsafah Pancasila.

“Khilafah itu ada yg produk al Mawardi, al Maududi, as Suyuthi, al Afghani dll Bermacam2 krn memang di Qur’an & Hadis tak ada sistem yg baku,” tuturnya

“Adanya Bab Khilafah di kitab2 fiqh hny mengajarkan bhw khilafah itu bnyk macamnya & setiap bangsa bisa membuat sesuai kebutuhannya sendiri2,” jelas Mahfud MD.

Intinya, khilafah itu tidak sama dengan khalifah. Khilafah itu sistem pemerintahan, sedangkan khalifah itu manusia secara umum, atau pemimpin secara khusus. Kata “khalifah” disebut dalam Al-Quran, sedangkan kata “khilafah” tidak disebutkan dalam Al-Quran.

Indonesia ini sudah menjadi negara dengan sistem pemerintahan demokrasi berdasar Pancasila. Kita seharusnya bersyukur dengan tegaknya NKRI ini, di mana umat Islam bisa bebas dan tidak ada tekanan dalam menjalankan kewajiban agama dan hal-hal terkait aktifitas keagamaan.

Baca Juga :  Apa Sebabnya Hizbut Tahrir Dilarang di Timur-Tengah dan Indonesia ?

Negara Indonesia ini adalah nikmat Allah yang wajib kita syukuri. Jangan malah berpikir dan berupaya untuk coba-coba mendirikan negara khilafah yang belum jelas juntrungannya. Janganlah kalian kufur nikmat, Allah benci dengan orang-orang yang kufur nikmat.

Khalifah dan Khilafah itu Tidak Sama, Hanya Mirip Saja Dalam Ucapan
Bagikan ini :