Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Kaum Khawarij Gemar Menghasut Massa Agar Membenci dan Melawan Penguasa

Khawarij Gemar Menghasut Massa Agar Membenci dan Melawan Penguasa

Page Visited: 2021
Read Time:1 Minute, 32 Second

Kaum Khawarij Gemar Menghasut Massa Agar Membenci dan Melawan Penguasa, Waspadalah!!!

Sekte Al Qa’diyah, Salah Satu Sekte Khawarij yang Gemar Menghasut Massa Agar Membenci dan Melawan Penguasa.

Khawarij adalah aliran radikal dan extrim yang pertama muncul di kalangan umat Islam. Mereka dikenal berpenampilan agamis dan rajin beribadah, tapi ideologi dan akalnya rusak karena lemah logika. Mereka akan selalu muncul di setiap zaman, dengan berbagai ragam sebutan nama sesuai tempat dan zamannya.

Al Qa’diyah, adalah salah satu sekte Khawarij yang telah muncul sejak zaman tabi’in, dengan tokohnya yang bernama ‘Imran bin Hiththan. Pada awalnya ‘Imran adalah seorang tokoh ahlus sunnah yang menikahi seorang wanita khawarij dengan maksud ingin mengembalikannya ke jalan yang benar. Namun yang terjadi selanjutnya justru ‘Imran yang terpengaruh dan malah menjadi salah satu pemuka kaum Khawarij di zaman itu.

Kaum Khawarij Gemar Menghasut Massa Agar Membenci dan Melawan Penguasa, Waspadalah!!!

Dengan kata-kata, Al Qa’diyah ini menghasut rakyat agar membenci dan memberontak Penguasa (Pemerintah). Al Qa’diyah ini cukup berbahaya, karena ia pandai memainkan kata-kata yang sejatinya penuh racun kebencian dan provokatif. Pandai memutar-balikkan fakta. Khawarij model Al Qa’diyah ini akan muncul sebagaimana model-model khawarij yang lain dalam setiap masa.

Baca Juga :  Cirikhas Aswaja atau Ahlussunnah Waljamaah

Di antara ciri Al Qa’diyah adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar –rahimahullah– dalam Hadyus Sari halaman 483:

والقَعَدية الذين يُزَيِّنون الخروجَ على الأئمة ولا يباشِرون ذلك

“Al Qa’diyah adalah kelompok yang memprovokasi massa untuk memberontak Penguasa, sedang mereka tidak terlibat langsung dalam pemberontakan tersebut.”

As Sakhawi berkata dalam Fathul Mughits (1/332):

القعدية قوم الخوارج كانوا يقولون بقولهم ولا يرون بالخروج بل يدعون إلى آرائهم ويزينون مع ذلك الخروج ويحسنونه

“Al Qa’diyah termasuk kaum khawarij yang bermain dengan kata-kata, dan tidak memandang perlu pemberontakan, akan tetapi, mereka mengajak manusia pada opini mereka dan menghasut (untuk memberontak Penguasa).”

Waspadalah!!!

Wallahu A’lam Bish-Shawab

Sumber : Kiyai Dafid Fuadi, NU Center Kediri

Bagikan ini :