Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Prof KH Al-Habib Quraisy Syihab, Kita Menganut Ke khalifahan dengan Sistem Republik Berasaskan Pancasila

Kita Menganut Kekhalifahan dengan Bentuk Negara Republik Sistem Demokrasi Berasaskan Pancasila

Page Visited: 785
Read Time:1 Minute, 2 Second

Prof KH Al-Habib Quraisy Shihab menegaskan bahwa kita sudah menganut kekhalifahan dengan bentuk Negara Republik, sistem Demokrasi dan Berasaskan Pancasila.

Kekhalifahan dalam konteks ini adalah bagaimana mengatur penyelenggaraan tata negara agar negara bisa berdiri kokoh. Para pejuang pendahulu kita telah mendirikan negara dengan bentuk Negara Republik atau generasi sekarang senang menyebutnya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Nah, kemudian dalam mengatur tata negara NKRI ini diselenggarakan dengan sistem demokrasi untuk melaksanakan dan mengatur roda pemerintahan. Di sini ada yang namanya lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Dalam lembaga-lembaga ini ada yang namanya Presiden, wakil presiden dan para menteri. Ada DPR, MPR dan perangkat-perangkatnya. Ada Kehakiman, kejaksaan dan lain-lainnya. Mereka inilah para pelaksana tugas-tugas eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Baca juga : “Cara Menghancurkan NKRI” Menurut Pengakuan Kader PKS

Adapaun dasar negara kita adalah Pancasila sebagai acuan utama. Semua pelaksanaan tata negara tidak boleh melanggar Pancasila. Indah bukan?

Itulah yang dimaksud dengan kekhalifahan Indonesia. Dan ini sudah berjalan dengan baik, sudah beroperasi selama 75 tahun sejak kemerdekaan Indonesia. Mau bagaimana lagi? Mau ganti sistem negara khilafah ala HTI? Boro-boro Indonesia ini akan jadi lebih baik seperti impian mereka, justru yang terjadi malah akan semakin kacau-balau dengan sistem negara coba-coba ala HTI ini.

Baca Juga :  Indonesia Adalah Khilafah dengan Sistem Demokrasi dan Berideologi Pancasila
Prof KH Al-Habib Quraisy Syihab, Kita Menganut Ke khalifahan dengan Sistem Republik Berasaskan Pancasila
Bagikan ini :