Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Kiyai-Lirboyo-Soal-Habaib-Provokatif-dan-Melawan-Pemerintah

Kiyai Lirboyo Soal Habaib Provokatif dan Melawan Pemerintah

Page Visited: 433
Read Time:2 Minute, 18 Second

Kyai Lirboyo Sebut Begini pada Habaib Provokatif dan Melawan Pemerintah

Pengasuh pondok pesantren tertua di Jawa timur yakni Pondok Pesantren Lirboyo, KH. Athoillah Sholahuddin Anwar menyorot tajam akan ceramah dan dakwah yang bernada provokatif sehingga mengarah ke perlawanan kepada pemerintah.

“Tidak ada rumus dalam ajaran kita untuk berontak pada pemerintah yang resmi. Jika ada Para habaib yang seperti itu bagaikan istri kita yang sedang haid, tetap kita cintai tapi jangan digauli,” Kata KH. Athoillah Sholahuddin Anwar.

Pernyataan tersebut disampaikannya melalui sebuah video di chanel YouTube KBN Nusantara berjudul ‘Habib Melawan Negara ?? Pesantren Lirboyo Keluarkan Fatwa Tegass!. Adalah KH. Athoillah Sholahuddin Anwar atau yang kerap dipanggil Kyai Athoillah yang menyampaikan pernyataan tersebut di kanal Youtube KBN Nusantara yang diunggah pada 17 November 2020.

Bahkah bukan hanya sekedar itu, kadang juga menjelek-jelekan pemerintah dan bahkan menyerukan untuk menurunkan kepala pemerintahan yang sah, yaitu presiden Jokowi pada saat ini.

Baca Juga :  Jawaban TGB atas Tuduhan Aktivis HTI "Nasionalisme Memecah-Belah Ummat"

Terkait hal itu pesan yang menohok datang dari Ponpes Lirboyo, sebagai salahsatu pondok pesantren tertua di Kediri Indonesia yang fokus mendidika ilmu dan akhlaq dalam dunia pesantres salafi, kali ini ikut peduli terhadap fenomena yang terjadi.

Pesantren Lirboyo, Fatwa untuk Tidak Mengikuti Habib yang Melawan Pemerintah

Dalam rangka menyikapi para Habaib atau tokoh masyarakat seperti itu Pengasuh Ponpes Lirboyo, Kediri KH. Athoillah Sholahuddin Anwar mengatakan anggaplah beliau-beliau itu seperti istri kita yang sedang haid, atau seperti Alquran yang rusak.

“Beberapa kyai sepuh menyampaikan bahwa mereka para Habaib yang seperti itu bagaikan istri kita yang sedang haid, tetep kita cintai namun jangan digauli”, kata Kyai Atoillah, seperti dilihat mantrasukabumi.com dari kanal Youtube KBN Nusantara pada Senin, 7 Desember 2020.

“ataupun ada yang mengatakan bahwa beliau beliau ini seperti Alquran yang rusak, tidak bisa kita manfaatkan tapi tidak boleh kita injak tetep kita mulyakan, karena bagaimanapun itu tetap mushaf Alquran”, kata kyai Athoillah melanjutkan.

Selanjutnya Pengasuh Ponpes Lirboyo itu menegaskan bahwa ketika menemukan para Habaib yang ceramahnya provokatif, mencaci maki, melawan pemerintah, tetap kita harus mulyakan, karena bagaimanapun mreka itu adalah keturunan Rasulullah.

Baca Juga :  Habib Rizieq Ditahan di Polda, Tempati Sel Sama Seperti 2008

“oleh karenanya beliau beliau ini tetap kita mulyakan, karena bagaimana pun beliau beliau ini adalah cucu Rasulullah atau dzurriyyah atau keturunan Rasulullah”, pungkas kyai pengasuh Ponpes Lirboyo, Kediri.

Maka dari itu keluarlah fatwa sebagai dasar untum menghindari sosok Habib yang kerap melawan Pemerintah.

Dilansir mantrasukabumi.com dari fb Dakwah Nusantara, berikut Fatwa Pondok Pesantren Lirboyo mengenai ceramah Habib atau Tokoh yang provokatif.

Pertama, mengharapkan kepada santri dan alumni Pondok Pesantren Lirboyo dan masyarakat umum untuk berhati-hati dalam menerima ceramah atau pun dakwah dari beberapa tokoh masyarakat yang akhir-akhir ini cenderung provokatif,

Kedua, terkait dengan para tokoh masyarakat terutama para habaib, kita tetap menghormati, memuliakan beliau-beliau. Namun untuk mengikuti kepada beliau kita punya pegangan syari’at. Apabila tidak sesuai syari’at maka tidak perlu mengikuti.

Fatwa itu disampaikan oleh KH. Athoillah Sholahuddin Anwar, Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri. (*)

Bagikan ini :