Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Mahfud MD Kunjungi Kopassus Akan Libatkan TNI Tangani Terorisme

Mahfud MD Kunjungi Kopassus Akan Libatkan TNI Tangani Terorisme

Page Visited: 107
Read Time:3 Minute, 25 Second

Mahfud MD Kunjungi Kopassus dan menegaskan bahwa TNI Akan Dilibatkan dalam mengatasi Terorisme.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan TNI akan dilibatkan dalam penanganan aksi terorisme.

Penegasan itu disampaikan Mahfud MD saat melakukan kunjungan kerja ke Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (8/7/2020). Dalam kunjungannya ke Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, Mahfud membahas pelibatan TNI dalam aksi terorisme.

Baca Juga : Mahfud MD Tantang Pengusung Khilafah untuk Tunjukkan Sistem Negara Khilafah

Mahfud mengatakan, saat ini pemerintah tengah menggodok draf rancangan peraturan presiden (Perpres) tentang pelibatan TNI dalam aksi terorisme yang merupakam amanat dari Undang-Undang Dasar (UUD).

“Itu adalah amanat UUD. Di dalam UUD disebutkan TNI dilibatkan di dalam menangani aksi terror. Penanganan aksi terorisme itu diatur di dalam sebuah peraturan presiden. Oleh sebab itu amanat UUD, kita sedang mengolahnya agar menjadi proporsional,” ujar Mahfud, Rabu (8/7/2020).

Pelibatan TNI dalam menangani aksi terorisme dipandang perlu karena ada beberapa hal yang saat ini masih sulit dijangkau oleh kesatuan penegak hukum di Indonesia. Terlebih, kata Mahfud, dulu terorisme itu ditekankan sebagai tindak pidana.

Baca Juga :  Politikus Demokrat Ini Menangis Saat Polisi Perlihatkan 9 Anggota KAMI

“Tindak pidana itu artinya hukum, maka namanya UUD tindak pidana terorisme, tetapi ternyata di situ tidak cukup, ada hal-hal tertentu dimana TNI harus terlibat dalam skala tertentu, dalam jenis kesulitan tertentu, dalam situasi tertentu dan dalam objek tertentu di mana TNI harus terlibat,” ucapnya.

Baca Juga : Mahfud MD : Haram Tiru Sistem Pemerintahan Nabi Muhammad Saw

Lebih lanjut, Mahfud menambahkan, dalam waktu dekat UUD tersebut akan segera rampung sebagai dasar dalam menjaga dan mempertahankan NKRI dari aksi demoralisasi. “Nah itu sekarang sedang dipersiapkan rancangan peraturan pemerintahnya, tentu kita harus membuat itu, mudah-mudahan dalam waktu tidak lama bisa selesai,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud mengaku terkesima dengan pasukan khusus milik TNI AD tersebut. Saat ini Kopassus merupakan pasukan yang telah memiliki banyak prestasi yang diakui dunia internasional.

“Dulu bangsa Indonesia berhasil memerdekakan Indonesia dengan hanya modal semangat dan keberanian, tidak punya apa-apa, bisa merdeka dan bisa kita pelihara. Sesudah Indonesia merdeka kita membangun TNI kemudian di dalam TNI itu ada Kopassus, kita bukan hanya punya keberanian, tapi juga punya keterampilan dan punya peralatan. Oleh sebab itu masa depan Indonesia akan menjadi lebih bagus dan lebih maju, kita optimistis untuk itu yang penting kita menjaga kebersatuan,” tukasnya.

Baca Juga :  Mahfud MD: Pemikiran dan Kritik KAMI Tidak Memberikan Terobosan Baru

Baca juga : Kisah Heroik Prajurit Kopassus Menyusup Ke Camp Musuh

Mahfud MD Terima Gelar Warga Kehormatan Kopassus

Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menerima gelar warga kehormatan dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat. Gelar itu didapatkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi setelah berkunjung ke Markas Kopassus di Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (8/7/2020).

Dalam kunjungan itu, Mahfud merasa bangga atas berbagai prestasi yang diraih oleh pasukan khusus TNI AD tersebut. Menurut Mahfud, bangsa Indonesia sangat beruntung karena telah memiliki pasukan militer terbaik di dunia.

“Di dalam TNI ini ada satu unit di lingkungan AD yang namanya Kopassus, satu pasukan elite yang sangat terkenal dan membangakan. Saya tadi melihat sendiri merinding lah, ternyata bangsa ini punya pasukan khusus yang prestasinya sudah terdokumen dengan baik,” ujar Mahfud saat melakukan kunjungan kerja ke Markas Kopasus di Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga : Kenapa Sistem Pemerintahan Nabi Muhammad Haram Ditiru Ummatnya?

Baca Juga :  Di Ambang HUT RI Ke-75, Densus 88 Bekuk 15 Terduka Teroris JAD di Jakarta dan Bekasi

Satuan khusus TNI AD tersebut ditempa untuk dapat melumpuhkan objek dengan kecepatannya telah menjadi kebanggaan bagi bumi pertiwi. Melalui mottonya, “Tribuana Chandraca Satya Darma” serta seragam kebanggaannya baret merah dan loreng darah mengalir, Kopasus berhasil mengangkat nama militer Indonesia ke dunia internasional.

“Hari ini saya berkunjung ke markas Kopassus dan dengan bangga saya menerima menjadi Warga Kehormatan Kopassus. Berani, Benar, Berhasil,” tulis Mahfud di Instagram milikinya.

Lebih lanjut Mahfud menuturkan, dengan kehadiran Kopassus yang memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang pertahanan persenjataan dan sebagainya masa depan Indonesia akan lebih bagus dan lebih maju.

“Kita optimistis untuk itu yang penting kita menjaga kebersatuan dan jangan sekali-kali melakukan demoralisasi terhadap angkatan bersenjata kita, terhadap militer kita, terhadap TNI kita, terhadap Polri kita, terhadap penegak hukum kita dan semua yang dibangun di dalam jaring-jaring pemerintahan kita di Indonesia ini,” pungkasnya. (qa/cip/kri/ummatina/sindonews)

Bagikan ini :

Mungkin Luput dari Anda