Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Mantan PM Irak Sebut Kemenangan atas ISIS Bukan karena Bantuan AS, tapi karena Bantuan Iran

Mantan PM Irak Sebut Kemenangan atas ISIS Bukan karena Bantuan AS, tapi karena Bantuan Iran

Page Visited: 62
Read Time:1 Minute, 5 Second

Mantan PM Irak mengatakan ISIS dikalahkan karena atas bantuan Iran, dan bukan karena batuan AS.

Mantan Perdana Menteri Irak, Nouri al-Maliki, mengatakan bahwa dalam perang Irak melawan teroris ISIS, Amerika Serikat menolak untuk memasok peralatan militer ke negara itu, tetapi Iran membuka pintu gudang persenjataan militer mereka untuk Baghdad.

Baca juga : Iran Sebut Kematian Soleimani Hadiah Terbesar AS untuk Teroris

Nouri al-Maliki juga membongkar fakta baru mengenai keberhasilan ISIS dalam menguasai Mosul di masa lalu. Ia mengatakan bahwa jatuhnya Mosul ke tangan ISIS adalah karena adanya konspirasi oleh bagian-bagian dari tentara Irak untuk menarik pasukan mereka.

Ketika ISIS menyerang Irak, Nouri al-Maliki adalah Perdana Menteri Irak yang kemudian digantikan oleh Haider al-Abadi pada Agustus 2014.

Pada 2014, kelompok teroris ISIS, dengan dukungan keuangan dan militer Amerika Serikat serta sekutu Barat dan Arabnya, termasuk Arab Saudi, menyerbu Irak, menduduki sebagian besar bagian utara dan barat negara itu, dan melakukan banyak sekali kejahatan.

Baca Juga :  Nasib Kaum Yazidi Tetap Tidak Jelas Setelah 6 Tahun Diserang ISIS

Baca juga : Hashd al-Shaabi Kunci Kesuksesan Operasi Kontra Terorisme di Irak

Irak kemudian meminta Iran untuk membantu tentaranya memerangi terorisme. Dengan bantuan penasihat Republik Islam Iran, pada 17 November 2017, pasukan Irak berhasil membebaskan benteng terakhir ISIS di Perbatasan Irak-Suriah di provinsi al Anbar (Irak barat). Setelah pembebasan kota ini, ISIS di Irak praktis dikalahkan. (qa/ummatina)

Bagikan ini :