Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Masjid Megah Hadiah Pangeran Abu Dhabi untuk Presiden Jokowi

Masjid Hadiah untuk Presiden Jokowi Akan Dibangun, Mirip Grand Mosque

Page Visited: 166
Read Time:1 Minute, 29 Second

Masjid Megah Hadiah Pangeran Abu Dhabi untuk Presiden Jokowi Mulai Dibangun Desember 2020, desai masjid mirip Grand Mosque …

Sebuah masjid yang dihadiahkan Pangeran Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed, kepada Presiden Jokowi memulai proses pembangunan. Lahan seluas tiga hektare di Kota Solo, Jawa Tengah, menjadi lokasi masjid yang akan dibangun menyerupai masjid agung di Abu Dhabi.

Baca juga : Langkah Antisipasi Radikalisme dan Terorisme di Masjid

“Pembangunan masjid akan dimulai Desember 2020. Masjid ini merupakan pemberian Pangeran Abu Dhabi kepada Pak Jokowi, karena beliau sangat menghormati karakter Pak Presiden,” ujar utusan Dubes RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis, Setyo Wisnu Broto, di Solo, Kamis, 9 Juli 2020.

Desain Masjid Megah Hadiah Pangeran Abu Dhabi untuk Presiden Jokowi.

Menurut Setyo, bangunan masjid menempati lahan bekas depo milik Pertamina di Kampung Gilingan, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Saat ini proses pembangunan masjid memasuki tahapan penentuan arah kiblat.

Baca juga : 4 Langkah Mengamankan Masjid dari Kelompok Radikal

Baca Juga :  Keberagaman di Indonesia Adalah Kekuatan Bangsa

Ia menargetkan, pembangunan masjid akan selesai dalam waktu dua tahun ke depan. Biaya pembangunan sepenuhnya ditanggung oleh Pangeran Abu Dhabi.

“Detail pembangunan ditarget rampung dua tahun. Tapi secara fisik, satu setengah tahun sudah dapat dinikmati. Nanti di kawasan masjid akan dilengkapi fasilitas islamic center,” ujarnya.

Masjid Megah Hadiah Pangeran Abu Dhabi untuk Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, kata Setyo, khusus penentuan arah kiblat pihaknya melibatkan Kementerian Agama (Kemenag) Solo, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan tim Falakiyah Kemenag RI.

“Agar tidak terjadi kesimpang siuran, kami mengajak seluruh unsur dan tokoh Islam,” beber dia.

Baca juga : Murtad bagi Muslim Masuk Gereja, Benarkah?

Pangeran Abu Dhabi dan Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan sebelumnya berkunjung ke Tanah Air pada Juli 2019. Selain menghasilkan kesepakatan bisnis, Sheikh Mohamed juga menghadiahi Presiden Joko Widodo sebuah masjid untuk dibangun di kampung halaman Jokowi di Solo.

Bagikan ini :