Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Nilai Islam Ada di dalam Pancasila

Melihat Nilai-nilai Islami dalam Pancasila

Page Visited: 6520
Read Time:1 Minute, 19 Second

Sudah tahukan anda ternyata di dalam sila-sila dari Pancasila sarat dengan nilai-nilai Islami? Bahkan semua sila dalam Pancasila adalah perwujudan dari ajaran Islam, ada dasarnya dari Al-Qur’an dan Hadist Rasulullah Saw.

Dimulai sila pertama, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Sila pertama ini dijiwai oleh surat dalam Al-Qur’an yaitu surat Al-Ikhlas. “Qul Huwallohu Ahad, artinya: Katakan (Muhammad), Allah itu Maha Esa.”

Baca juga : Tolak Komunis dan Khilafah, Tegagkkan Pancasila

Sila kedua adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sila kedua ini sesuai dengan perintah Allah dalam Al Quran surat An Nisa 135. Terjemahannya yaitu : “Wahai orang-orang yang beriman. Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu….. dst”

Untuk sila ketiga, keempat dan kelima juga kesemuanya adalah merupakan ajaran Islam, ada dasarnya dalam Al-Quran dan hadits-hadits Rasulullah Saw….. Sila ketiga tentang Persatuan dan tidak berpecah-belah, sila ke-empat tentang Kerakyatan, Permusyawaratan dan Perwakilan, kelima Keadilan Sosial, kesemuanya ini ada dalam ajaran Islam. Intinya, Islam mengajarkan kesemua sila-sila yang ada dalam Pancasila.

Baca Juga :  Langkah Antisipasi Radikalisme dan Terorisme di Masjid

Baca juga : Ustadz Abdul Somad : Nilai Islam Ada di Pancasila

Kesimpulannya adalah bahwa sila-sila yang ada dalam Pancasila seiring sejalan dengan ajaran Islam, semuanya ada dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad saw. Jadi bagaimana cara berpikir orang-orang Islam yang masih berani mengatakan Pancasila adalah thogut? Padahal Pancasila adalah jelas-jelas perwujudan dari ajaran Islam yang ada dalam Al-Quran dan Al-Hadits.

Na’udzu billah tsumma na’udzu billah min dzaalik, kita mohon perlindungan kepada Allah dari sikap tercela seperti itu, amin…..

Nilai Islam Ada di dalam Pancasila
Bagikan ini :

Mungkin Luput dari Anda