Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Mengenal 3 Golongan Manusia pada Hari Kiamat Bersama Habib Ahmad Jindan

Mengenal 3 Golongan Manusia pada Hari Kiamat Bersama Habib Ahmad Jindan

Page Visited: 873
Read Time:2 Minute, 15 Second

Mengenal 3 Golongan Manusia pada Hari Kiamat Bersama Habib Ahmad Jindan

Pada hari kiamat nanti manusia akan terbagi menjadi tiga golongan besar. Dalam Al-Qur’an Surah Al-Waqi’ah (hari kiamat), Allah mengabarkan tentang 3 golongan manusia pada hari kiamat ini.

Habib Ahmad bin Novel bin Jindan, Pengasuh dan pengajar Ponpes Al-Fachriyah Tangerang, dalam ceramahnya di Majelis Rouhah Wakaf Sabtu sore, (26/10/2019) menjelaskan ketiga golongan manusia tersebut.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Surah Al-Waqi’ah ayat 4-16, yaitu yang artinya:

“Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya, dan gunung-gunung dihancurluluhkan sehancur-hancurnya, maka jadilah ia debu yang beterbangan, dan kamu semuanya menjadi tiga golongan. Yaitu golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu. Dan golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu. Dan golongan orang-orang yang paling dahulu (beriman), merekalah yang paling dahulu (masuk surga).

Mereka itulah orang yang dekat (kepada Allah). Berada dalam surga kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu, dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian. Mereka berada di atas dipan-dipan yang bertahtakan emas dan permata. Mereka bersandar di atasnya berhadap-hadapan.”

Habib Ahmad bin Novel menjelaskan, dalam ayat di atas, Allah menyebutkan tiga kelompok atau golongan manusia.

  • Yang pertama adalah Al-Maimanah (orang yang berada di sisi kanan).
  • Kedua adalah Al-Masy’amah, kelompok sisi kiri.
  • Ketiga yaitu orang-orang yang lebih awal atau golongan istimewa (As-Sabiqun). Mereka adalah orang-orang yang dekat dengan Allah.
Baca Juga :  Kisah Mike Tyson, Petinju Paling Berkelas yang Tak Sempat Dibanggakan Ibunya

Golongan As-Sabiqun ini hanya sedikit dari generasi terakhir. Mereka ini lebih banyak dari golongan terdahulu yang beriman. Mereka merupakan hamba-hamba paling istimewa yang memiliki derajat tinggi di sisi Allah.

“Untuk mendapatkan kemuliaan di atas tentu tidak sembarangan. Seseorang butuh guru pembimbing (murobbi) untuk mencapainya. Untuk urusan dunia saja seseorang butuh guru terbaik, apalagi untuk urusan akhirat,” kata Habib Ahmad.

Sayyid Quthb dalam Fi Zhilal Alqur’an juga menjelaskan, golongan pertama berada di sebelah kanan ‘Arsy adalah mereka yang keluar dari sebelah kanan Adam. Golongan ini diberi kitab catatan amal dengan tangan kanan mereka, kemudian digiring ke dalam golongan kanan. Mereka adalah mayoritas penduduk surga.

Golongan kedua berada di sebelah kiri ‘Arsy, dan mereka inilah yang keluar dari sebelah kiri Adam. Mereka diberi catatan amal dengan tangan kiri, kemudian digiring ke dalam golongan kiri. Mereka inilah sebagian besar penduduk neraka.

Jadi, golongan kanan adalah calon penduduk surga, sedangkan golongan kiri adalah calon penduduk neraka.

Baca Juga :  Sesama kelompok Radikal yang Saling Klaim Paling Benar

Dan satu golongan lainnya berada dekat dengan Allah. Mereka inilah golongan yang lebih beruntung, lebih khusus daripada golongan kanan karena mereka adalah pemimpin golongan kanan. Di tengah-tengah mereka terdapat para rasul, para nabi, para shiddiqin, dan orang-orang yang mati syahid. Jumlah mereka jauh lebih kecil dari golongan kanan.

Semoga kita termasuk golongan yang beruntung menjadi penduduk surga yang penuh kenikmatan abadi, amin….. (qa)

Bagikan ini :