Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Pertahankan NKRI dari Oknum-oknum yang Ingin Merubah Pancasila

Menjaga NKRI dari Oknum-oknum yang Ingin Merubah Pancasila

Page Visited: 829
Read Time:1 Minute, 43 Second

Memahami Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Ideologi adalah salah satu prasyarat mutlak dalam pembangunan sebuah negara modern. Pada abad ketika negara NKRI didirikan, negara yang tidak berideologi dianggab sebagai bukan negara modern.

Oleh karena itulah maka harus dipahami bahwa ideologi sangat penting untuk berdirinya sebuah negara. Karena di dalam setiap ideologi terkandung nilai yang menjadi acuan system kehidupan sebuah negara modern sebagai sebuah negara hukum dan bukan negara kekuasaan.

Sesuai pemahaman kedudukannya sebagai dasar, atau falsafah, atau ideology, Pancasila merupakan suatu sistem nilai digunakan untuk mengatur penyelenggaraan negara Indonesia. Dalam pengertian yang melekat sebagai dasar negara ini, Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara, atau dengan kata lain sebagai sumber kaidah hukum negara yang berperan sebagai sumber tertip hukum nasional.

Baca juga : Habib Muannas: Para Penyebar Paham Anti Pancasila Seharusnya Ditangkap

Sebagai falsafah atau ideology negara Indonesia, Pancasila bukan sebuah ideologi impor dari bangsa lain. pancasila juga bukan sebuah hasil konstruksi ide satu orang, melainkan sebuah hasil penggalian oleh Sukarno atas nilai kebudayaan masyarakat Nusantara yang kemudian dirumuskan dan disepakati bersama oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Pancasila Mengakomodasi Semua Perbedaan Menjadi Satu Kesatuan Indonesia

Berdasarkan kedudukan Pancasila sebagai ideologi bangsa, maka segala hal yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat yang tidak sesuai atau bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila menjadi inskonstitusional, dan merupakan pengingkaran terhadap kedudukan Pancasila sebagai dasar negara. Melanggarnya berarti melanggar hukum, hal ini mesti kita pahami bersama.

Memahami Pancasila seperti di atas, rasanya kita mesti bersyukur karena memiliki ideologi Pancasila. Karena itu pula perlu keiklasan dari kita semua untuk merealisasikan ideologi Pancasila, dan tidak perlu lagi kita memiliki orientasi mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain.

Baca juga : Mengenal Ideologi dan Aliran Pemahaman Pemicu Anti Pancasila dan Anti NKRI

Pilihan untuk tidak menerapkan nilai-nilai Pancasila atau mengganti Pancasila dengan ideologi lain adalah pilihan yang konyol, dan bodoh. Kenapa demikian? Karena memilih ideologi lain untuk mengganti Pancasila tidak akan menyelesaiakan masalah bangsa bahkan akan semakin memperburuk kondisi kebangsaan kita hari demi hari. Bahkan kemungkinan besar akan berubah jadi kekacauan dalam pengelolaan negara.

Oleh sebab itulah kita wajib pertahankan negara NKRI ini dari oknum-oknum yang ingin merubah Pancasila.

Baca Juga :  Ustadz Abdul Somad : Nilai Islam Ada di Pancasila
Pertahankan NKRI dari Oknum-oknum yang Ingin Merubah Pancasila
Bagikan ini :