Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

KH. Jamaludin F. Hasyim

Moderat Itu Susah, Ekstrem Itu Mudah

Page Visited: 918
Read Time:1 Minute, 40 Second

Pertanyaan:

Kenapa di tengah umat Islam bisa banyak timbul pemahaman Islam ekstrim yang akhirnya melahirkan muslim-muslim ekstrim dan radikal? Terima kasih atas jawabannya….

Di bawah ini adalah jawabannya:

Menjadi Moderat Itu Susah, Menjadi Ekstrem Itu Mudah

Benarlah kata Kyai Said Aqil: “Menjadi moderat itu susah, menjadi ekstrem itu mudah”. (aw kama qola)

Ekstrem bukan hanya mendahulukan emosi ketimbang nalar, namun juga benci mendahului adil, kekuasaan sebelum keadilan, dan memutlakkan kebenarannya sendiri.

Benarlah kata Habib Lutfi bin Yahya: “NKRI hasil ijtihad para ulama dan darah para pejuang, maka harus kita jaga bersama”. (aw kama qola)

Begitu banyak mereka yang hanya memikirkan kepentingan diri dan kelompoknya, rela mengorbankan apa saja asal kepentingannya tercapai. Apa saja, bila perlu dengan fitnah, dengan intrik, dengan bedil, apa saja boleh dan bisa baginya.

Benarlah kata orang bijak: Menyelesaikan masalah harus dengan otak dan hati, meninggalkan salah satunya akan menimbulkan masalah lainnya. Apalagi otak dan otot, otak harus didepan otot, jangan sebaliknya.

Baca Juga :  Perpres 7/2021, Cegah Ekstremisme Libatkan Sekolah dan Kampus

Puncaknya, benarlah Firman Allah dalam kitab suci Al-Qur’an :

(یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ كُونُوا۟ قَوَّ ٰ⁠مِینَ لِلَّهِ شُهَدَاۤءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا یَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَـَٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰۤ أَلَّا تَعۡدِلُوا۟ۚ ٱعۡدِلُوا۟ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِیرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ)

“Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (Surat Al-Ma’idah 8)

KH. Jamaludin F. Hasyim

Pengurus Lembaga Dakwah PBNU dan Ketua KODI DKI Jakarta (Dakwahnu.id)

Bagikan ini :