Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Benarkah Muslim Msuk Gereja Jadi Murtad?

Murtad bagi Muslim Masuk Gereja, Benarkah?

Page Visited: 104
Read Time:8 Minute, 51 Second

Bolehkah Muslim Masuk ke Gereja? Ini Penjelasan Fiqihnya

Sahabat dan guru saya, Ustaz Yusuf Mansur meminta saya menerangkan bagaimana hukumnya seorang Muslim masuk gereja. Belakangan ini ada figur publik yang menjelaskan, “murtad bagi Muslim yang masuk gereja.” Ada lagi yang menjelaskan, “haram menurut mazhab Syafi’i”. Bagaimana status hukumnya yang sesungguhnya? Sebaiknya penjelasan ini saya tuliskan dan bagikan untuk yang lain.

Sejatinya tidak ada larangan dalam nash al-Qur’an dan Hadits yang secara tegas mencegah Muslim masuk gereja atau rumah ibadah lain. Sebab itu, perkara ini masuk ke wilayah interpretasi, atau penafsiran para ulama. Itulah sebabnya para ulama tak sama pandangan Soal status hukumnya.

Baca juga : Mengapa Hadits Bukhari Muslim Tidak Digunakan 4 Imam Madzhab ?

Saya kutip Penjelasan dari kitab Mausu’ah Fiqh Kuwait. Kitab ini ensiklopedia masalah fiqh dari bermacam mazhab. Begini penjelasannya:

‎يَرَى الْحَنَفِيَّةُ أَنَّهُ يُكْرَهُ لِلْمُسْلِمِ دُخُول الْبِيعَةِ وَالْكَنِيسَةِ، لأَِنَّهُ مَجْمَعُ الشَّيَاطِينِ، لاَ مِنْ حَيْثُ إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ حَقُّ الدُّخُول. وَذَهَبَ بَعْضُ الشَّافِعِيَّةِ فِي رَأْيٍ إِلَى أَنَّهُ لاَ يَجُوزُ لِلْمُسْلِمِ دُخُولُهَا

‎إِلاَّ بِإِذْنِهِمْ، وَذَهَبَ الْبَعْضُ الآْخَرُ فِي رَأْيٍ آخَرَ إِلَى أَنَّهُ لاَ يَحْرُمُ دُخُولُهَا بِغَيْرِ إِذْنِهِمْ. وَذَهَبَ الْحَنَابِلَةُ إِلَى أَنَّ لِلْمُسْلِمِ دُخُول بِيعَةٍ وَكَنِيسَةٍ وَنَحْوِهِمَا وَالصَّلاَةَ فِي ذَلِكَ، وَعَنْ أَحْمَدَ يُكْرَهُ إِنْ كَانَ ثَمَّ صُورَةٌ، وَقِيل مُطْلَقًا، ذَكَرَ ذَلِكَ فِي الرِّعَايَةِ، وَقَال فِي الْمُسْتَوْعِبِ: وَتَصِحُّ صَلاَةُ الْفَرْضِ فِي الْكَنَائِسِ وَالْبِيَعِ مَعَ الْكَرَاهَةِ، وَقَال ابْنُ تَمِيمٍ. لاَ بَأْسَ بِدُخُول الْبِيَعِ وَالْكَنَائِسِ الَّتِي لاَ صُوَرَ فِيهَا، وَالصَّلاَةِ فِيهَا. وَقَال ابْنُ عَقِيلٍ: يُكْرَهُ كَالَّتِي فِيهَا صُوَرٌ، وَحَكَى فِي الْكَرَاهَةِ رِوَايَتَيْنِ. وَقَال فِي الشَّرْحِ. لاَ بَأْسَ بِالصَّلاَةِ فِي الْكَنِيسَةِ النَّظِيفَةِ رُوِيَ ذَلِكَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ وَأَبِي مُوسَى وَحَكَاهُ عَنْ جَمَاعَةٍ، وَكَرِهَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَمَالِكٌ الصَّلاَةَ فِي الْكَنَائِسِ لأَِجْل الصُّوَرِ،

Baca Juga :  Para Ulama Aswaja Angkat Bicara Soal Khilafah Hizbut Tahrir

Dari penjelasan di atas, paling tidak ada 4 perbedaan pandangan ulama.

Ke-1, Ulama mazhab Hanafi berpendapat bahwa MAKRUH bagi seorang Muslim masuk sinagog dan gereja.

Ke-2, Sebagian ulama mazhab Syafi’i berpendapat bahwa TIDAK BOLEH bagi orang Muslim masuk tempat ibadah non-Muslim KECUALI ada izin dari mereka. Sebagian ulama mazhab Syafi’i yang lain berpendapat bahwa TIDAK HARAM masuk tempat ibadah non-Muslim meski tanpa ada izin dari mereka.

Ke-3, Ulama mazhab Hanbali berpendapat BOLEH bahwa masuk sinagog dan gereja, dan rumah ibadah lainnya, serta melalukan shalat di dalamnya, tapi hukumnya MAKRUH menurut Imam Ahmad, kalau di dalamnya ada gambar.

Baca juga : Fakta Hizbut Tahrir Dilarang di Negara-negara Mayoritas Muslim

Ke-4, Ibn Tamim berpendapat tidak mengapa masuk sinagog dan gereja kalau tidak ada gambar di dalamnya, begitu juga shalat di dalamnya. Ibn Aqil berpendapat makruh sebab ada gambar. Problem ini ada 2 pandangan: ada yang bilang tidak mengapa shalat di dalam gereja berdasar riwayat dari sahabat Nabi, Ibnu Umar dan Abu Musa, sebagaimana dikisahkan oleh banyak ulama, dan ada juga riwayat dari Ibn Abbas dan Malik bahwa shalat di gereja makruh sebab ada gambarnya.

Penjelasan di atas Ada dalam juz 20, halaman 245.

Adapun dalam juz 38, halaman 155, masih di kitab yang sama, ada tambahan Penjelasan:

‎وَيَرَى الْمَالِكِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ وَبَعْضُ الشَّافِعِيَّةِ أَنَّ لِلْمُسْلِمِ دُخُول بِيعَةٍ وَكَنِيسَةٍ وَنَحْوِهِمَا

“Ulama mazhab Maliki, Hanbali, dan sebagian ulama mazhab Syafi’i berpendapat bahwa BOLEH bagi orang Muslim masuk sinagog, gereja dan rumah ibadah lainnya.”

Bayangkan, kita masih berdebat soal boleh masuk gereja atau tidak, para ulama bahkan telah membicarakan bolehkah shalat di dalam gereja. Seperti tercantum di atas, mereka menjelaskan sholatnya sah, dan ada yang membolehkan secara mutlak, tetapi ada yang memgatakan sah, tetapi makruh sebab ada gambar di dalam gereja.

Baca Juga :  Asal Muasal Penyebaran Paham Khilafah Di Kampus

Baca juga : Otoritas Mesir Tangkap Ketua Pelaksana Ikhwanul Muslimin di Kairo

Kita tambahkan dengan mengutip 1 kitab fiqh perbandingan mazhab lainnya, yaitu kitab al-Mughni karya Ibn Qudamah.

Dalam juz 2, halaman 57:

‎[فَصْلٌ الصَّلَاةِ فِي الْكَنِيسَةِ النَّظِيفَة]

‎(٩٦٩) فَصْلٌ: وَلَا بَأْسَ بِالصَّلَاةِ فِي الْكَنِيسَةِ النَّظِيفَةِ، رَخَّصَ فِيهَا الْحَسَنُ وَعُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ وَالشَّعْبِيُّ وَالْأَوْزَاعِيُّ وَسَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ وَرُوِيَ أَيْضًا عَنْ عُمَرَ وَأَبِي مُوسَى، وَكَرِهَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَمَالِكٌ الْكَنَائِسَ؛ مِنْ أَجْلِ الصُّوَرِ. وَلَنَا «، أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – صَلَّى فِي الْكَعْبَةِ وَفِيهَا صُوَرٌ» ، ثُمَّ هِيَ دَاخِلَةٌ فِي قَوْلِهِ – عَلَيْهِ السَّلَامُ -: «فَأَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ فَصَلِّ، فَإِنَّهُ مَسْجِدٌ»

Ibn Qudamah menerangkan al-Hasan, Umar bin Abdul Azis, Sya’bi, Awza’i dan Sa’id bin Abdul Azis, serta riwayat dari Umar bin Khattab dan Abu Musa, menjelaskan tidak mengapa shalat di dalam gereja yang bersih. Tetapi Ibn Abbas dan Malik memakruhkannya sebab ada gambar di dalam gereja. Tetapi bagi kami (Ibn Qudamah dan ulama yang sepaham dengannya) Nabi Saw pernah shalat di dalam Ka’bah dan di dalamnya ada gambar. Ini juga termasuk dalam sabda Nabi: “kalau waktu shalat sudah tiba, kerjakan shalat di manapun, sebab di manapun bumi Allah ialah masjid (tempat sujud).”

Ibn Qudamah juga mengutip cerita menarik dalam juz 7, halaman 283:

‎وَرَوَى ابْنُ عَائِذٍ فِي ” فُتُوحِ الشَّامِ “، أَنَّ النَّصَارَى صَنَعُوا لَعُمَرَ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ -، حِينَ قَدِمَ الشَّامَ، طَعَامًا، فَدَعَوْهُ، فَقَالَ: أَيْنَ هُوَ؟ قَالُوا: فِي الْكَنِيسَةِ، فَأَبَى أَنْ يَذْهَبَ، وَقَالَ لَعَلِيٍّ: امْضِ بِالنَّاسِ، فَلِيَتَغَدَّوْا. فَذَهَبَ عَلِيٌّ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ – بِالنَّاسِ، فَدَخَلَ الْكَنِيسَةَ، وَتَغَدَّى هُوَ وَالْمُسْلِمُونَ، وَجَعَلَ عَلِيٌّ يَنْظُرُ إلَى الصُّوَرِ، وَقَالَ: مَا عَلَى أَمِيرِ الْمُؤْمِنِينَ لَوْ دَخَلَ فَأَكَلَ،

Baca Juga :  Mengenal Ideologi dan Aliran Pemahaman Pemicu Anti Pancasila dan Anti NKRI

‎وَهَذَا اتِّفَاقٌ مِنْهُمْ عَلَى إبَاحَةِ دُخُولِهَا وَفِيهَا الصُّورُ، وَلِأَنَّ دُخُولَ الْكَنَائِسِ وَالْبِيَعِ غَيْرُ مُحَرَّمٍ

Waktu Umar bin Khattab masuk negeri Syam dan itu diketahui oleh kaum Nasrani negeri tersebut, mereka berinisiatif untuk menyambut Umar dengan menyajikannya makanan. Tetapi jamuannya itu disajikan di dalam gereja mereka. Lalu Umar Tidak mau datang dan memrintahkan ‘Ali untuk menggantikannya. Datanglah ‘Ali ke undangan tersebut lalu masuk ke dalamnya dan menyantap hidangan yang disediakan. Lalu Ali berkata: “saya tidak tahu kenapa Umar Tidak mau Hadir?” Kata Ibn Qudamah, ini bukti Komitmen mereka para sahabat bahwa masuk gereja/sinagog tidaklah haram.

Nah, mungkin ada yang menanyakan: mengapa Umar Tidak mau Hadir? Jika haram, mengapa Umar mengutus Ali? Kelihatannya argumentasi Umar tidak mau masuk dan ikut hadir jamuan di gereja ialah sebab kuatir ummat Islam akan memahami bahwa boleh merebut gereja itu dan mengubahnya dijadikan masjid. Ini juga yang ditunaikan Umar waktu Tidak mau masuk ke gereja di Palestina. Umar menghindari kerusakan dan aksi anarkis. Tetapi, terang bahwa Imam Ali dan para sahabat masuk gereja dan ikut hadir jamuan di dalamnya.

Baca juga : Sesama Negara Muslim, Militer Turki VS Militer Mesir di Ambang Perang di Libya

Demikianlah penjelasan dari kitab klasik yang otoritatif agar kita tidak memahami masalah ini dengan emosi dan mudah mengkafirkan atau memurtadkan suadara kita yang masuk ke dalam gereja. Ini bukan respon orang liberal, syi’ah, orientalis, sekuler atau sebagainya. Ini murni respon dari kitab fiqh berdasar pandangan para ulama, dan praktek Nabi Saw dan para sahabat. Mari kita hormati keragaman pandangan ulama. [Islam Nusantara/gg]

Oleh Nadirsyah Hosen, Rois Syuriah PCI NU Australia-New Zealand.

Bagikan ini :