Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Otoritas Mesir Tangkap Ketua Pelaksana Ikhwanul Muslimin di Kairo

Otoritas Mesir Tangkap Ketua Pelaksana Ikhwanul Muslimin di Kairo

Page Visited: 768
Read Time:1 Minute, 36 Second

Otoritas Mesir Tangkap Mahmoud Ezzat, Ketua Pelaksana Ikhwanul Muslimin di Kairo Mesir

KAIRO – Ketua pelaksana Ikhwanul Muslimin (IM) Mahmoud Ezzat ditangkap Otoritas Mesir dalam penggerebekan apartemen di Kairo.

IM merupakan kelompok gerakan Islam tertua dan paling terorganisir di Mesir, penangkapan itu menjadi pukulan terbaru bagi IM. Otoritas Mesir samapai saat ini terus menangkapi para tokoh dan anggota IM setelah kelompok gerakan itu terguling dari kekuasaan tujuh tahun silam.

Ezzat adalah mantan Wakil Ketua IM Mohamed Badie yang masih berpengaruh dan tokoh garis keras dalam gerakan itu. Dia menjadi ketua pelaksana setelah penahanan Badie pada Agustus 2013.

Baca juga : Pasukan Mesir Ngamuk, Belasan Teroris Takfiri Mati Mengenaskan

“Ezzat telah ditangkap dari apartemen yang digunakan sebagai persembunyian di distrik Fifth Settlement, Kairo, dan dituduh bergabung serta memimpin kelompok teroris dan menerima pendanaan ilegal,” papar pernyataan Kementerian Dalam Negeri Mesir, dilansir Reuters.

Otoritas Mesir menuduh IM mendorong militansi dan subversif. IM menyangkal tuduhan tersebut.

Baca Juga :  Wabah Covid-19 Makin Parah di AS, Sehari 39.000 Orang Terinfeksi

“Peralatan komunikasi terenskripsi disita selama penahanan. Ezzat dituduh mengawasi sejumlah pembunuhan atau upaya pembunuhan serta pengeboman sejak 2013,” ungkap Kementerian Mesir itu.

Ezzat sebelumnya telah divonis hukuman mati dan penjara seumur hidup dalam sidang in absentia. Menurut hukum Mesir, dia akan menghadapi pengadilan ulang dalam berbagai kasus setelah penangkapannya.

Gambar yang dirilis otoritas dan dirilis surat kabar Mesir, Al-Youm al-Sabaa, menunjukkan Ezzat memakai kaos dan terlihat kurus serta lemah.

Panglima militer Abdel Fattah al-Sisi memimpin kudeta 2013 yang menggulingkan mantan Presiden Mohamed Mursi, tokoh IM yang menjadi pemimpin Mesir pertama yang terpilih secara demokratis.

Baca juga : Di Mesir, Ikhwanul Muslimin Disebut Organisasi Teroris

Setelah Mursi terguling, Sisi dan pemerintahannya melarang IM dan memenjarakan sebagian besar pemimpinnya.

Tokoh senior IM lainnya telah meninggalkan Mesir dan banyak yang tinggal di Turki. Laporan media sebelumnya menyebut Ezzat berada di luar negeri.

Badie masih dipenjara di Kairo dan mendapat vonis hukuman penjara seumur hidup. Mursi meninggal dunia setelah pingsan di ruang pengadilan penjara pada Juni 2019. (qa/ummatina)

Bagikan ini :