Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Pahala Sedekah Bisa Hilang, Apa Saja yang Bisa Menghapus Pahala Sedekah

Pahala Sedekah Bisa Hilang, Apa Sebabnya?

Page Visited: 369
Read Time:1 Minute, 22 Second

Pahala Sedekah Bisa Hilang, Apa Saja yang Bisa Menghapus Pahala Sedekah?

Ternyata ada hal-hal yang dapat menyebabkan batalnya atau terhapusnya pahala sedekah kita. Apa saja perkara yang bisa menghilangkan pahala sedekah?

Hal-hal yang dapat membatalkan pahala sedekah ini, antara lain kita yang bersedekah merasa telah berjasa kepada orang yang menerima sedekah dan merasa di atasnya dengan sebab kita memberikan sesuatu kepadanya.

Alah berfirman dalam Al-Qur’an: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir,”(QS. Al-Baqarah : 264)

Jadi kalau kita memberi kepada kawan kita atau kepada orang miskin suatu sedekah, kemudian kita merasa kita sudah berjasa kepada kawan atau orang miskin ini, maka kita masuk ke dalam ayat yang mulia ini.

Baca Juga :  Akhirnya Alfian Tanjung Minta Maaf Terbuka kepada Ansor, Banser, dan NU

Kalau kita merasa berada di atas orang yang kita sudah beri, maka bisa jadi batal sedekah kita. Maka hati-hatilah dari perasaan “berjasa” ini karena Allah mewanti-wanti jangan sampai kalian membatalkan sedekah kalian.

Kemudian, tanpa sadar kita menyakiti perasaan dari penerima sedekah itu. Di antara caranya adalah kita sebut sedekahmu di hadapan manusia sehingga perasaan dari si penerima tersakiti.

Jadi ketika kita memberi kepada orang miskin, kita jangan sampai menyebut-nyebut sedekah kita kemudian dia tahu kemudian sakit hatinya. Sedekahmu akan sia-sia, pahala sedekahmu akan hilang karenanya.

Bagikan ini :