Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Dampak Pandemi Corona, Nyaris Separuh Warga Argentina Jatuh Miskin

Parah! Dampak Pandemi Corona, Nyaris Separuh Warga Argentina Jatuh Miskin karena Lockdown

Page Visited: 561
Read Time:1 Minute, 7 Second

Berita Argentina: Dampak Pandemi Virus Corona, Hampir Separuh Warga Argentina Jadi Miskin karena Lockdown

BUENOS AIRES – Hampir separuh populasi warga Argentina menjadi miskin pada kuartal kedua tahun ini akibat dampak pandemi Covid-19 yang melanda Argentina.

Menjelang data resmi pemerintah yang akan dirilis, Universitas Katholik Argentina (UCA) memperkirakan tingkat kemiskinan meningkat antara 46% dan 47% hingga akhir Juni setelah negara itu memberlakukan lockdown ketat beberapa bulan untuk memerangi virus corona.

“Ada kemiskinan umum yang lebih luas. Kita semua sedikit lebih miskin. Kita sudah seperti itu tahun lalu dan sekarang dengan kesenjangan lebih lebar,” papar peneliti UCA Agustin Salvia.

Dia menyebut dampak pandemi adalah hilangnya 3,5 juta lapangan kerja, sebagian besar di sektor informal yang mencakup 40,8% tingkat kemiskinan yang dicatat UCA pada akhir tahun lalu.

Garis kemiskinan di negara itu ditetapkan sebesar USD193 per bulan.

Menurut badan statistik resmi pemerintah, Indec, sebesar 35,5% warga Argentina hidup dalam kemiskinan pada semester kedua 2019. Indec segera merilis data resmi semester pertama 2020.

Baca Juga :  Aktivis Muslim Kecam Erdogan atas Kebijakan Deportasi Warga Uighur

Data itu mencerminkan realitas setiap hari bagi warga Argentina seperti Guillermo Garay yang bekerja sebagai pedagang kaki lima saat acara olahraga dan mengaku mata pencariannya hilang akibat lockdown di negaranya.

“Saya bertahan hidup karena keluarga membantu saya, karena saya tidak mungkin melakukan apapun,” ujar Garay sambil menjual bendera Argentina saat unjuk rasa di ibu kota Buenos Aires. (qa/ummatina)

Bagikan ini :

Mungkin Luput dari Anda