Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Siapa Membikin Hoax Akan Dapat Dosa Sampai Hari Kiamat, Awas!

Pembikin Hoax Akan Dapat Dosa Sampai Hari Kiamat, Awas!

Page Visited: 1364
Read Time:1 Minute, 54 Second

Siapa Membikin Hoax Akan Dapat Dosa Sampai Hari Kiamat, Awas!

Belakangan, berita bohong (hoaks) terus ramai di media sosial. Berita bohong itu sengaja disebarkan oleh banyak orang untuk bermacam kepentingan. Di tahun politik 2019, penyebaran hoaks di media sosial kian deras dilaksanakan sampai sekarang.

Menurut Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah Kyai Ubaidillah Shodaqoh, membuat hoaks termasuk perbuatan dosa. Siapa yang membikin hoaks akan terus memperoleh dosa sampai hari kiamat.

”Siapa orang membikin, meretweet, menyebar dan memberi contoh hoax maka dia akan menerima dosa hoax para pengikutnya sampai hari qiamat,” tulis Gus Ubed di akun Twitternya, Senin (18/03/2019).

Baca juga : 13 Hoax Tengku Zulkarnaen Paling Populer di Medsos

Gus Ubed memperkuat pendapatnya berdasar satu Hadis Nabi Muhammad yang menyatakan bahwa barang siapa melaksanakan kebaikan akan menerima pahala dari orang yang ikut melaksanakan kebaikan setelahnya. Sebaliknya, siapa yang membikin keburukan akan memperoleh dosa dari orang yang ikut melaksanakan keburukan setelahnya.

Baca Juga :  Sesama kelompok Radikal yang Saling Klaim Paling Benar

Rasulullah bersabda :

مَنْ سَنَّ فِيْ الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَىْءٌ، وَمَنْ سَنَّ فِيْ الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ (رواه مسلم)

“Sesiapa saja merintis (memulai) dalam agama Islam sunnah (perbuatan) yang baik maka untuknya pahala dari perbuatannya tersebut, dan pahala dari orang yang melakukannya (mengikutinya) setelahnya. Sesiapa saja yang melaksanakan perbuatan buruk dia akan memperoleh Pembalasan atas orang yang melaksanakan perbuatan itu setelahnya tanpa ditambah atau dikurangi.”

Baca juga : Hoax !!! Garam Dapur Bisa Bunuh Virus Corona dan Atasi Batuk

Awas, hati-hati saudaraku. Mari bersikap bijak dalam mempergunakan media sosial. Jangan sebab satu perbuatan buruk yang kalian bagikan, kita jadi berdosa selamanya sampai kiamat tiba. Na’udzu billah min dzaalik.(qa/ummatina)

Bagikan ini :