Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Longsor di Tol Ungaran Tampak Mengerikan Ternyata Foto HOAX

Peristiwa Longsor di Tol Ungaran Tampak Mengerikan Ternyata Foto HOAX

Page Visited: 253
Read Time:2 Minute, 37 Second

Ungaran – Pada Minggu (31/5/2020) hingga Senin (1/6/2020) pagi beredar sebuah foto di media sosial memperlihatkan sebuah jalan tol 4 ruas tertimbun longsoran tanah yang tampak menggunung. Narasi yang mengikuti foto itu menyebutkan bahwa yang terlihat pada foto itu adalah longsor yang terjadi di jalan tol Ungaran, Jawa Tengah.

Baca juga : 13 Hoax Tengku Zulkarnaen Paling Populer di Medsos

Pihak Jasa Marga membantah foto tersebut menggambarkan kondisi longsor di tol Ungaran, meski memang benar telah terjadi longsor di salah satu ruas jalan tol Semarang-Solo. Jasa Marga menyebut foto itu hoaks.

Longsor di Tol Ungaran Tampak Mengerikan Ternyata Foto HOAX.
Longsor di Tol Ungaran Tampak Mengerikan Ternyata Foto HOAX

Narasi yang beredar Melalui media sosial, salah satunya Twitter, sejumlah netizen membagikan foto jalan tol yang tertimbun material longsoran tanah. Longsoran yang disebutkan terjadi di tol Semarang-Solo itu terlihat menimbun dan memutus 4 ruas jalur yang tersedia di sana.

Salah satu akun yang mengunggah informasi itu adalah akun Twitter @utomo_kukuh.

Baca juga : Orang yang Selalu Dituduh PKI Ini Ternyata Ahli Thariqah Naqshabandiyyah

Baca Juga :  13 Hoax Tengku Zulkarnaen Paling Populer di Medsos
Longsor di Tol Ungaran Tampak Mengerikan Ternyata Foto HOAX


Dalam keterangannya, ia menulis longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah sekitar lokasi. Foto yang sama juga beredar di grup-grup percakapan Whatsapp dengan narasi yang sama.

Baca juga : Trending Tagar #PecatTengkuzulDariMUI, Desak MUI Pecat Tengku Zul

Klarifikasi Kompas.com Merespons informasi yang beredar, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan klarifikasi seputar peristiwa tanah longsor yang terjadi di jalan Tol Semarang-Solo.

Hoax! Berdasarkan verifikasi, informasi ini tidak benar

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar. Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso menegaskan foto yang beredar bukan terjadi di tol Semarang-Solo.

Klarifikasi Jasa Marga soal Foto Hoax Longsor di Jalan Tol Ungaran.

“Kami tegaskan bahwa foto yang beredar itu adalah hoaks karena tidak menggambarkan kondisi sebenarnya,” kata Heru, seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (31/5/2020).


Namun, ia membenarkan terjadi longsor di Tol Semarang-Solo KM 426+600 arah Jakarta pada Sabtu (30/5/2020) malam pukul 22.48 WIB. Kondisi sesungguhnya di lapangan, longsoran tidak menutup 4 ruas jalan.

Baca juga : Relawan Jokowi ke Rizal Ramli – Fadli Zon Soal Buzzer Sampah

Baca Juga :  Hoax Jejak Khilafah di Nusantara, Tidak Terlihat Jejak Khilafah dalam Tradisi 1 Muharram di Nusantara

Kawan JM, sehubungan dengan beredarnya foto terkait dampak longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta melalui Whatsapp Group dan media sosial lainnya, bersama ini kami tegaskan bahwa foto yang beredar tersebut adalah HOAX. https://t.co/jasFvLA9IS pic.twitter.com/Aw7RXUWCxr — Official Jasa Marga (@OFFICIAL_JSMR) May 31, 2020 Diketahui, foto yang beredar merupakan kejadian tanah longsor yang menimpa National Higway No 3 di wilayah Keelung, Taiwan Utara.


Dalam foto terlihat petugas yang tengah berupaya menyelamatkan penumpang dari 3 unit mobil yang tertimbun longsoran lereng bukit. Foto tersebut merupakan milik Reuters yang menjadi salah satu foto terbaik pada tahun 2010 versi The Telegraph.


Dari pemberitaan yang dimuat Daily Mail, 26 April 2010, longsoran ini diketahui menutupi sepanjang 300 meter badan jalan dan menimbun sejumlah pengguna jalan. Salah satu korban yang tertimbun adalah seorang pengemudi taksi bernama Lin yang diyakini tengah melintas saat longsor terjadi. Hal itu diketahui dari GPS yang terdeteksi oleh perusahaan taksi tempatnya bekerja.

Bagikan ini :