Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Pesantren Lirboyo: Tidak Mengikuti Habib yang Melawan Pemerintah

Page Visited: 893
Read Time:57 Second

Pesantren Lirboyo Keluarkan Fatwa untuk Tidak Mengikuti Habib yang Kerap Melawan Pemerintah

Sebelumnya telah beredar video viral, KH. Athoillah Sholahuddin Anwar Pondok Pesantren Lirboryo, memberikan qiyas bahwa Habaib yang berbicara kasar tidak mengikuti akhlak datuknya, Nabi Muhammad saw, diibaratkan seperti isteri yang sedang haid. Mereka tetap kita cintai tetapi tidak boleh ‘didekati’. Jika Habib bicara provokatif dan mencaci maki, Kyai Athoillah mengatakan, “Anggap Seperti Istri yang Sedang Haid”.

Nah, baru-baru ini telah beredar sebuah maklumat dari Pesantren Lirboyo. Maklumat tersebut berisi fatwa tersebut disebutkan dan menghimbau kepada para santri, dan alumni serta masyarakat umum untuk tidak mengikuti ceramah yang provokatif serta menjauhi habib yang kerap bertentangan dan melawan pemerintah.

Berikut isi fatwa yang dikeluarkan Pondok Pesantren Lirboyo:

Pertama, mengharapkan kepada santri dan alumni Pondok Pesantren Lirboyo dan masyarakat umum untuk berhati-hati dalam menerima ceramah atau pun dakwah dari beberapa tokoh masyarakat yang akhir-akhir ini cenderung provokatif.

Kedua, terkait dengan para tokoh masyarakat terutama para habaib, kita tetap menghormati, memuliakan beliau-beliau. Namun untuk mengikuti kepada beliau kita punya pegangan syari’at. Apabila tidak sesuai syari’at maka tidak perlu mengikuti.

Pesantren Lirboyo: Tidak Mengikuti Habib yang Melawan Pemerintah.
Bagikan ini :
Baca Juga :  Masjid Hadiah untuk Presiden Jokowi Akan Dibangun, Mirip Grand Mosque