Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Polri Tetap Akan Bubarkan Kegiatan FPI Meski Ganti Nama

Page Visited: 1344
Read Time:1 Minute, 30 Second

Polri Tetap Akan Bubarkan Kegiatan FPI Meski Ganti Nama

Polri menyatakan akan tetap membubarkan semua bentuk kegiatan yang dilakukan anggota maupun simpatisan Front Persatuan Islam yang merupakajn organisasi pengganti Front Pembela Islam (FPI) yang telah dibubarkan pemerintah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono menuturkan bahwa apabila ingin diakui, maka ormas tersebut harus terdaftar secara resmi.

“Semua ada aturan-aturan sebenarnya, apabila jenis apa FPI baru dan sebagainya itu kalau dia ingin menjadi suatu ormas seharusnya mengikuti aturan-aturan yang berlaku,” kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/1).

Menurutnya, apabila ormas tersebut tak mendaftarkan diri dan tidak mengikuti aturan yang berlaku, maka pemerintah memiliki kewenangan untuk melarang bahkan membubarkan kegiatan.

Pasalnya, kata dia, kumpulan dalam kegiatan tersebut tidak memiliki dasar hukum maupun legalitas yang jelas untuk diakui negara sebagai ormas.

“Nanti bisa karena tidak punya dasar hukum dan tidak terdaftar tentunya ini pun bisa menjadi alasan daripada pemerintah untuk membubarkan ataupun melarang daripada kegiatan-kegiatan ormas yang tidak terdaftar,” ucapnya.
Baca Juga : Calon Presiden Biden untuk Trump: “Inshallah, Kita Akan Lihat Pajak Anda”

Baca Juga :  MUI DKI Dukung Polda Metro Jaya Tegakkan Hukum

FPI sendiri menyatakan tidak akan mendaftarkan diri sebagai ormas kepada pemerintah. Tim Kuasa Hukum FPI Aziz Yanuar menyatakan pendaftaran diri sebagai ormas merupakan hal yang tidak penting.

Ia menyatakan saat ini, urusan yang terpenting adalah mengawal Komisi Nasional Hal Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk menuntaskan penyelidikan kasus meninggalnya 6 Laskar FPI saat bentrok dengan aparat kepolisian pada Senin (7/12) lalu.

Belakangan, mantan pentolan FPI, Rizieq Shihab juga mengusulkan agar nama FPI diubah menjadi Front Persaudaraan Islam. Aziz mengutarakan usulan Rizieq yang disampaikan dari balik jeruji.

“Saat ini saat yang tepat untuk menggelorakan dan mengedepankan persaudaraan. Dan persaudaraan didengar lebih sejuk Insyaallah. Itu kurang lebih dari beliau [Rizieq],” kata Aziz menirukan ucapan Rizieq kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/1). (*)

Bagikan ini :