Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Radikalisme Good Looking, Apa Pengertian Radikalisme?

Page Visited: 1465
Read Time:1 Minute, 12 Second

Beberapa waktu yang lalu Menag Fahrul Razi menjadi trending berita karena mengungkapkan strategi paham radikal masuk ke lingkungan ASN dan masyarakat melalui agen radikalisme, yang dicontohkan sebagai sosok pemuda hafal Al Quran (hafiz), berparas menarik (good looking).

“Dikirimkan anak good looking menguasai Bahasa Arab, hafiz, ikut jadi imam, orang orang situ bersimpati, hingga diangkat jadi pengurus masjid. Lalu mulai masuk temannya dan ide-ide yang tadi kita takutkan,” kata Menag dalam webinar Strategi Menangkal Radikalisme Pada Aparatur Sipil Negara, yang disiarkan di YouTube KemenPAN-RB pada Rabu (2/9/2020).

Apa pengertian radikalisme sebenarnya?

Pengertian radikalisme dalam situs Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga arti. Radikalisme adalah paham atau aliran yang radikal dalam politik, atau sikap ekstrem dalam aliran politik.

Selain itu, pengertian radikalisme yang lain adalah paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis.

Pengertian radikalisme dan wujudnya di masyarakat bisa dihilangkan, bila praktik yang tidak terpuji tersebut tidak ada lagi. Masalah radikalisme juga bisa dihentikan dengan peran aktif dan kerja sama dari seluruh pihak.

Baca Juga :  Membuat Indonesia Jadi Wilayah Perang, Cita-Cita Kelompok Radikal

Dalam tulisan berjudul Mereduksi Radikalisme dengan Jalan Moderasi dari Ferdiansyah Jy, moderasi menjadi salah satu cara menangani pengertian radikalisme dan wujudnya di masyarakat. Jika radikalisme adalah bagian dari keniscayaan manusia maka mereduksinya bukan dengan deradikalisme.

Tulisan yang dimuat dalam majalah jalandamai yang bisa diunduh di situs BNPT, radikalisme menjadi persoalan yang harus terus dilawan dengan narasi moderasi. Bukan dengan menghilangkan radikalisme itu sendiri. (*)

Bagikan ini :