Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Sidang Perdana Sugi Nur Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Sidang Perdana Sugi Nur Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Page Visited: 936
Read Time:1 Minute, 45 Second

Sidang Perdana Sugi Nur Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Berlangsung Online

JAKARTA – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan telah menggelar sidang perdana kasus dugaan ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama (NU) dengan terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur. Sidang yang digelar hari Selasa (19/1/2021), dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

“Rencana sidang sekitar pukul 9.00 atau 10.00 WIB,” kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Odit Megonondo saat dikonfirmasi, Selasa (19/1/2021).

Sidang perdana hari Selasa, jaksa bakal membacakan surat dakwaan terhadap Sugi Nur atau Gus Nur. Dalam sidang ini, Gus Nur akan dihadirkan secara daring dari balik rutan. Di ruang persidangan itu Gus Nur diwakili oleh kuasa hukumnya.

BACA: Sidang Perdana Sugi Nur Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Dalam Sistem Informasi penelusuran Perkara (SIPP) PN Jaksel, kasus Gus Nur teregister dalam nomor perkara 1/Pid.Sus/2021/PN.JKT.SEL. Penuntut umum dalam perkara itu ialah Jaksa Leonard S Simalango.

Dalam kutipan dakwaan yang dipublikasikan di SIPP, tercantum bahwa terdakwa Gus Nur diduga telah menebarkan informasi yang bermuatan kebencian sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat (2) Undang-undang ITE.

Baca Juga :  Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dan Kisah Kematian yang Indah

Sidang Perdana Gus Nur, Jaksa Bacakan Dakwaan

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menggelar sidang perdana kasus ujaran kebencian atas terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur secara daring atau online, Selasa (19/1/2021). Adapun agenda persidangan ini berisi pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum.

Baca juga: Gelari Suaminya Khalifah, Istri Sugi Nur Dibully Netizen

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Odit Megonondo mengatakan, sidang tersebut rencananya digelar pada Selasa (19/1/2021) ini. Gus Nur selaku terdakwa akan menjalani sidang secara online dan hanya diwakilkan pihak tim kuasa hukum.

“Rencana sidang sekitar jam 9 atau jam 10 pagi,” ujarnya pada wartawan. Adapun kasus yang menjerat Gus Nur itu terdaftar di PN Jakarta Selatan dengan nomor perkara 1/Pid.Sus/2021/PN.JKT.SEL. Penuntut umum dalam perkara ini Jaksa Leonard S Simalango.

Sugi Nur Raharja alias Gus Nur sebelumnya ditangkap polisi atas dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan terhadap NU melalui akun YouTube Munjiat Channel pada 16 Oktober 2020. (*)

Bagikan ini :