Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Kinerja Jokowi

Survei: Kinerja Jokowi Memuaskan 64,6 Persen Masyarakat Indonesia

Page Visited: 2114
Read Time:1 Minute, 38 Second

Survei Indo Barometer: 64,6 Persen Masyarakat Indonesia Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Hari ini Lembaga survei Indo Barometer mengumumkan hasil survei satu tahun kinerja Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin. Hasilnya adalah 64,6 persen responden menyatakan puas dengan kinerja Jokowi.

“Sebesar 64,6 persen publik puas dengan kerja Presiden Joko Widodo. Yang tidak puas 33,1 persen, tidak tahu/tidak jawab (2,3) persen,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari seperti dikutip dari siaran persnya, Kamis (5/11/2020).

Menurut Muhammad Qodari, responden yang puas dan tidak puas dengan kinerja Jokowi memiliki berbagai alasan. Mereka yang puas melihat hasil kerja nyata Jokowi, yaitu banyaknya pembangunan inftastruktur. Selain itu, Jokowi dinilai sebagai presiden yang merakyat, baik, dan sederhana.

Sementara, mereka yang tak puas mengungkapkan bahwa kebijakan Jokowi di tahun pertama pemerintahannya tidak menguntungkan pihak tertentu, banyak pekerja asing, perekonomian Indonesia menurun. Selain itu, responden merasa lapangan pekerjaan terbatas, dan kesejahteraan masyarakat menurun.

Baca Juga :  Benarkah Mahasiswa di Jakarta Gelar Demo Tuntut Jokowi Turun Presiden ?

Sementara itu, survei Indo Barometer menunjukkan bahwa 40,8 persen responden puas dengan kerja Wapres Ma’ruf. Sedangkan, yang tidak puas jumlahnya lebih banyak yakni, 47,4 persen.

“Lima alasan publik tidak puas dengan kinerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin adalah: hasil kerja nyata belum terlihat (65 persen), Ma’ruf Amin tidak tegas (9,5 persen), kebijakan Ma’ruf Amin terbatas (5,3 persen), perekonomian Indonesia menurun (3,9 persen), dan banyaj pekerja asing (2,6 persen),” jelas Qodari.

Survei pada 10-17 Oktober 2020

Survei nasional ini dilaksanakan pada 10-17 Oktober 2020. Metode yang digunakan dalam survei ini adalah multistage random sampling. Jumlah responden yaitu, 1.200 dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku.


Responden merupakan warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. (sumber liputan6.com)

Bagikan ini :