Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Syekh Adnan Al-Afyouni dan Pancasila

Syekh Adnan Al-Afyouni dan Pancasila

Page Visited: 3471
Read Time:2 Minute, 35 Second

Dekat dengan Ulama Indonesia, Siapakah Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni?

Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni telah wafat karena mobilnya meledak setelah dipasang bom oleh teroris. Diketahui bahwa Syekh Adnan Al Afyouni adalah salah satu ulama paling terkemuka di Suriah dan dunia Islam. Ia juga merupakan anggota Dewan ilmiah Fiqh di Kementerian awkaf Suriah.

Syekh Adnan Al Afyouni seorang mufti Damaskus, ia juga menjabat sebagai pengawas umum Pusat Islam Internasional Al-Sha untuk melawan Ekstremisme. Kedubes Suriah di Jakarta pun menyerukan kepada semua pihak untuk bersuara lantang dalam menghadapi terorisme serta mendukung dalam menghadapi kelompok teroris yang telah menargetkan para ulama terkemuka di dunia Islam.

Kedubes Suriah di Jakarta mengatakan bahwa syekh Al Afyouni adalah seorang tokoh ulama yang senantiasa berupaya untuk melindungi Masjid-masjid serta segala sesuatu yang berkaitan dengan keagamaan dari invasi ideologi teroris ekstremis.

Selain itu Al Afyouni juga dikenal kerap membela hak para ulama dalam menghadapi terorisme dan kebohongan. Kedubes Suriah di Jakarta mengatakan Al Afyouni telah banyak menghabiskan hidupnya bersama para cenekiawan Suriah lainnya sebagai sikap patriotiknya yang mulia.

Baca Juga :  Mengenal 5 Strategi Kelompok Radikal Kuasai Indonesia

Syekh Adnan Al Afyouni, Indonesia dan Pancasila

Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni pernah mengisi seminar terkait “Jangan Suriahkan Indonesia” yang diinisisai oleh al-Syami di awal November 2018. Seminar ini dihadiri oleh para ulama dan juga tokoh-tokoh Ormas Islam. Di samping itu beliau juga melakukan pertemuan dengan para ulama di Indonesia, salah satunya Syaikhuna Habib Luthfi.

Dalam seminar tersebut, Syaikh Adnan al-Afyouni berpesan kepada kita bangsa Indonesia agar bersatu dan menjunjung tinggi kepentingan negara di atas kepentingan lainnya. Beliau ingin agar kita bisa memetik pelajaran dari konflik yang terjadi di Timur Tengah.

Kata beliau “Bagi orang yang berakal, mukmin yang sejati yang cinta kepada Allah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak mungkin memercikkan api konflik kepada negaranya. Mukmin sejati bisa mengorbankan dirinya demi kepentingan orang banyak.”

Dalam orasinya beliau memaparkan bagaimana sikap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam peristiwa perjanjian Hudaibiyah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam rela mengikuti kemauan kaum Quraisy demi menjaga perdamaian umat.

Baca Juga :  Pancasila Is The Best, Pilihan Final NU dan Muhammadiyah

Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni mengatakan, bahwa Indonesia adalah negeri yang sangat indah, maju dan penduduknya kebanyakan adalah pemeluk Islam. Selain itu di negeri sangat terbuka demokrasi dan berkemajuan, nah inilah Islam. Islam sudah ada di negeri ini jadi jangan sampai ada yang merusak negeri ini hanya karena keinginan dan pandangan agamanya yang sangat eksklusif.

Syekh Adnan Al-Afyouni dan Pancasila

“Kehidupan di Indonesia saat ini harus dipertahankan dan jangan sampai dirongrong oleh orang orang yang tak bertanggung jawab. Umat islam harus mempertahankan negeri dan jangan sekali kali terpengaruh dengan propaganda radikal terorisme,” kata Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni.

Terkait falsafah dan ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila, Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni menilai sudah sangat Islami dan sistem nilai-nilai inilah yang diinginkan oleh agama Islam keberagaman, persatuan, ketuhanan, dan permusyawaratan adalah inti Islam.

“Jadi jangan sampai ada yang mengatakan bahwa ini bertentangan dengan Islam itu sangat keliru jadi umat Islam harus membela falsafah ini karena ini adalah sesuai nilai yang diajarkan Islam,” papar Syekh Muhammad Adnan Al-Afyouni.

Baca Juga :  Kisah Hikmah : Detik-Detik Wafatnya Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Selamat Jalan Syekh Adnan…, Surga menantimu…. InsyaaAllah semangat menebar kedamaian dan kasih sayang yang telah engkau tularkan akan kami teruskan dan tebarkan di bumi Allah ini….

Bagikan ini :