Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Aksi Terorisme Adalah Haram, Kelak Tempatnya di Neraka

Terorisme Itu Haram, Pelaku Terorisme di Neraka

Page Visited: 684
Read Time:1 Minute, 11 Second

Aksi Terorisme Itu Hukumnya Haram, Kelak Pelaku Terorisme Tempatnya di Neraka

Fatwa hukum aksi terorisme yang ditandatangani pada 24 Januari 2004 itu, MUI jelas-jelas mengharamkan aksi terorisme dan menegaskan bahwa hukum melakukan bom bunuh diri bukan jihad. Dalam fatwa MUI tersebut disimpulkan bahwa hukum melakukan teror adalah haram, baik dilakukan oleh perorangan, kelompok, maupun negara.

Apa pun motifnya terorisme adalah perbuatan yang sangat keji dan tidak berperikemanusiaan. Bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan agama. Islam tidak menoleransi semua tindakan kekerasan apalagi yang mengancam kehidupan umat manusia.

Hal ini berdasarkan firman Allah SWT antara lain:
“Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepada kamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar dan dianiaya maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS An-Nisa’: 29-30)

“Barang siapa yang membunuh seorang manusia bukan karena orang itu membunuh
orang lain atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi maka seakan-akan ia telah membunuh manusia seluruhnya…” (QS. Al-Maidah: 32)

Baca Juga :  KH Said Aqil Siroj Soal Kaum Radikal yang Gemar Teriak Khilafah!

Adapun dalil-dalil yang berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW antara lain: “Tidak halal bagi seorang Muslim menakut-nakuti (menteror) orang Muslim lainnya.” (HR Abu Dawud).

“Barangsiapa mengacungkan senjata tajam kepada saudaranya (Muslim) maka Malaikat akan melaknatnya sehingga ia berhenti.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang menjatuhkan diri dari sebuah gunung lalu ia terbunuh maka ia akan masuk neraka dalam keadaan terhempas di dalamnya, kekal lagi dikekalkan di dalamnya selama-lamanya.” (HR Bukhari-Muslim).

Aksi Terorisme Adalah Haram, Kelak Tempatnya di Neraka
Bagikan ini :