Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Tidak Paralel dengan Pancasilah, Ideologi Khilafah Jadi Ancaman bagi NKRI

Tidak Paralel dengan Pancasila, Ideologi Khilafah Jadi Ancaman bagi NKRI

Page Visited: 9817
Read Time:1 Minute, 37 Second

Ideologi Khilafah Jadi Ancaman bagi NKRI karena Tidak Paralel dengan Pancasila

Ideologi khilafah telah menyebar dan tumbuh subur di Indonesia. Jadi, ideologi khilafah sekarang sebenarnya sudah merasuki kepala banyak orang, bahkan orang-orang awam agama pun bersemangat dengan khilafah. Kelompok pengusung khilafah telah memperjuangkan ideologinya dengan dua cara. Pertama, menggunakan pendekatan narasi. Kedua, menggunakan pendekatan aksi kekerasan seperti teror.

Paham khilafah di Indonesia tidak berdiri sendiri. Gerakan ini merupakan bagian dari aksi transnasional dari berbagai macam kelompok yang memiliki tujuan sama untuk mengganti sistem pemerintahan suatu negara.

Dan salah satu gerakan transnasional yang dominan di Indonesia ialah Hizbut Tahrir Indonesia (eks. HTI) dan kelompok-kelompok lain yang pemikiran dan kegiatannya ekstrem bertentangan dengan Pancasila dasar negara Indonesia.

Paham khilafah masuk ke Indonesia melalui media sosial. Dengan demikian, masyarakat mudah menerima narasi-narasi mereka. Ideologi itu menyasar generasi muda yang butuh jati diri, eksistensi, dan aktualisasi.

Jadi, ketika anak-anak muda menemukan paham khilafah itu di media sosial, mereka ikut. Idealnya, masyarakat mestinya tak terpengaruh paham khilafah tetapi kenyataannya banyak yang terpengaruh. Apalagi paham paham khilafah telah masuk ke ranah pendidikan sudah sejak lama, paling tidak sejak munculnya ROHIS di sekolah kita. Bahkan paham khilafah juga sudah menyebar di lingkungan perguruan tinggi.

Baca Juga :  Mencegah Radikalisme Masuk Lingkungan Sekolah

Kini, ancaman khilafah sudah terang-terangan di depan mata ingin mengganti ideologi Pancasila. Paham khilafah ini datang untuk merusak pemikiran generasi muda, sudah menjalar di sekolah dan universitas. Ideologi itu digunakan beberapa kelompok yang ingin memecah belah kesatuan Indonesia. Mereka ingin mendirikan negara sendiri dan berpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Padahal paham khilafah sangat bertentangan dengan norma yang terkandung di dalam Pancasila. Pancasila harus dijaga, kita tidak bisa membiarkan mindset pelajar dan mahasiswa berubah. Dalam tempo 20-30 tahun lagi, kalau dibiarkan, maka hancur lah Indonesia. Hancurlah NKRI.

Oleh karena itu perlu anak-anak muda dibekali dengan semangat nasionalisme. Agar dengan demikian bangkit kecintaan mereka kepada NKRI, tidak mudah dirayu oleh paham-paham sesat yang bertentangan dengan Pancasila. (Ummatina)

Tidak Paralel dengan Pancasilah, Ideologi Khilafah Jadi Ancaman bagi NKRI
Bagikan ini :

Mungkin Luput dari Anda