Ummatina

Ummat Islam Cinta NKRI

Video Hoaks Massa FPI dari Daerah Akan Kawal Pemeriksaan Habib Rizieq

Video Hoaks Massa FPI dari Daerah Akan Kawal Pemeriksaan Habib Rizieq

Page Visited: 717
Read Time:2 Minute, 52 Second

Video Hoaks! Massa FPI dari Daerah Menuju Jakarta Akan Kawal Pemeriksaan Habib Rizieq Shihab

Beredar di medsos sebuah video yang dinarasikan massa pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sedang konvoi berjalan kaki menuju Jakarta. Video viral ini beredar di media sosial facebook.

Akun facebook atas nama Meinanda Azalia membagikan video ini pada 6 Desember 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.

Dalam video tersebut salah seorang massa mengatakan berasal dari Kota Bandung, Cirebon dan Jawa Barat. Video berdurasi 29 detik. Vidoe dinarasikan mereka sedang menuju Jakarta dan akan tiba besok Senin, 7 Desember 2020.

Video ini mendapatkan respon dari 123 warganet. Serta 102 komentar dan 69 kali dibagikan ulang.

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim video massa FPI menuju Jakarta untuk mengawal Rizieq Shihab besok adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah massa FPI saat menjemput kedatangan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga :  Foto Gus Sholah Disebar dengan Narasi Hoax oleh Para Kader HTI

Hal itu diketahui dari salah satu tangkapan layar video tersebut, diketahui berada di ruas Jalan Raya Bandara Soekarno Hatta. Gambar identik ditemukan melalui penelusuran google street view.

Dilansir dari bisnis.com, ribuan massa FPI berdatangan ke Bandara Soekarno Hatta untuk menjemput Rizieq Shihab. Massa FPI sudah mulai berjalan kaki ke Terminal 3 untuk menjemput Rizieq Shihab.

Adapun Senin, 7 Desember adalah jadwal pemeriksaan ulang Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya. Dilansir dari Medcom.id, Imam Besar Front Pembela (FPI) Rizieq Shihab dan menantunya Muhammad Hanif Alatas tidak memenuhi panggilan pemeriksaan pada Selasa, 1 Desember 2020. Rizieq absen karena sakit, sedangkan Hanif mengikuti agenda lain.

“Setelah diteliti bahwa memang kepatutan dan wajar ini belum ada,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 2 Desember 2020.

Alasan berhalangan hadir disampaikan oleh masing-masing pengacara Rizieq dan Hanif. Namun, pengacara keduanya tidak menyertakan bukti berhalangan hadir. Polisi menjadwalkan ulang pemanggilan Rizieq Shihab besok.

Baca Juga :  13 Hoax Tengku Zulkarnaen Paling Populer di Medsos

Dilansir cnnindonesia.com, Polda Metro Jaya bakal membubarkan massa Persaudaraan Alumni 212 jika mendampingi petinggi FPI Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan. Langkah tegas diambil guna mencegah pelanggaran protokol kesehatan.
Baca Juga : Lagi, Imigran Zionis Tebangi Pepohonan Zaitun di Tepi Barat

“Kalau tetap memaksa, massa yang banyak yang bisa menimbulkan (pelanggaran) protokol kesehatan, Polda Metro Jaya akan mengambil langkah tegas dengan cara membubarkan,”Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Yusri mengingatkan bahwa kerumunan massa dilarang di tengah situasi pandemi Covid-19. Dia berharap tidak ada massa yang mendampingi Rizieq ke Polda Metro Jaya.

Yusri meminta Rizieq cukup datang didampingi pengacara. Itu pun jika Rizieq mau memenuhi panggilan kepolisian.

Kesimpulan:

Klaim video massa FPI menuju Jakarta untuk mengawal Rizieq Shihab besok adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah massa FPI saat menjemput kedatangan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta.

Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Baca Juga :  Habib Rizieq Sebut Najis Pulang ke Indonesia, Ternyata Berita Hoax

Referensi:
1.https://kabar24.bisnis.com/read/20201110/15/1315631/ribuan-pengikut-fpi-jalan-kaki-ke-bandara-soekarno-hatta-jemput-rizieq-shihab
2.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201201081819-12-576435/polisi-bakal-bubarkan-massa-yang-dampingi-rizieq-diperiksa
3.https://www.medcom.id/nasional/hukum/0KvM9Xpk-polisi-alasan-ketidakhadiran-rizieq-dan-menantu-tidak-patut
4.https://archive.vn/gIVas

Sumber: https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/DkqlVo4b-cek-fakta-video-massa-fpi-dari-daerah-menuju-jakarta-kawal-rizieq-shihab-besok-ini-faktanya.

Bagikan ini :